71 Tahun GMIBM, Ketua Umum PGI Beri Ucapan Selamat

0
HUT ke-71 GMIBM
Ketua Sinode GMIBM bersama beberapa pengurus sinode dalam prosesi tiup lilin. (Foto-foto: tangkapan layar)

Tumobui – Senin (28/6/2021) Sinode Gereja Masehi Injili di Bolaang Mongondow (GMIBM) merayakan HUT yang ke-71 sekaligus merayakan 117 tahun pekabaran Injil (PI) GMIBM. Perayaan diadakan di GMIBM jemaat “Pniel” Tumobui dan disiarkan secara live streaming melalui kanal Youtube Sinode GMIBM.

Ibadah perayaan dimulai dari pelataran GMIMB jemat “Pniel”. Ketua Sinode GMIBM Pdt. C.H. Raintama memimpin ibadah ditemani bersama beberapa pengurus dari sinode dan para pelayanan Tuhan.

Saat itu, Pdt. Raintama sekaligus meresmikan gedung Balai Pertemuan GMIBM “Pniel” dengan menanda tangani prasasti. Setelah itu diadakan pemotongan pita oleh Lurah Tumobui. Setelah itu, Pdt. Raintama bersama para rombongan, mulai memasuki ruang ibadah.

Pada kesempatan itu, firman Tuhan disampaikan oleh Pdt. M.S.M Wennom yang menekankan tentang jangan cepat berpuas diri dan tetap memiliki spirit juang.

Usai ibadah, Pdt. Raintama dalam sambutan mengucap syukur GMIBM bisa mencapai usia yang ke-71. Hal ini bisa terjadi hanya karena kasih karunia Tuhan. “Cikal bakal GMIBM sudah ada sejak 117 tahun lalu (tahun 1847) saat pekabaran injil masuk di Bolaang Mongondow. Tapi sinode GMIBM baru muncul 103 tahun setelahnya yaitu tahun 1950,” ungkapnya.

Pdt. Raintama menjelaskan sudah 2 tahun ini HUT GMIBM dirayakan tanpa gempita karena pandemi. Namun, sekalipun terbatas, dirinya melihat sukacita tetap dapat dirasakan jemaat GMIBM. “Itu berarti Covid-19 ‘datang tepat waktu’, yaitu waktunya kita dijembatani oleh teknologi. Sehingga sukacita di sini juga sukacita di sana (di mana pun). Jadi dari sisi perayaan dan gaungnya, menjadi tidak terbatas oleh ruang dan waktu,” katanya.

Baca juga:  Kehidupan Bergereja Bergeser dalam Kebiasaan Baru

Pdt. Raintama mengajak pengurus maupun jemaat tetap semangat dalam hidup bergereja dan terus bertumbuh dalam iman. “HUT GMIMB ke-71 dan 117 tahun PI adalah bukti sejarah. Iman yang dimiliki para pekabar injil dulu tidak sia-sia karena GMIBM masih ada sampai saat ini. Persekutuan yang berjalan bersama telah mampu keluar dari tantangan zaman, bukan karena kekuatan mereka tapi karena kasih Kristus,” tuturnya.

Ketua Umum LAI Pdt. Henriette Lebang dalam sambutan mengucapkan selamat atas pertambahan usia GMIBM. Lewat perayaan HUT ini, Pdt. Henriette mengajak pengurus maupun jemaat GMIBM terus menyuarakan suara kenabian, salah satunya dengan terus berupaya memutus rantai persebaran Covid-19.

“Kita dinasehati firman Tuhanuntuk giat selalu dalam pekerjaan Tuhan, karena dalam persekutuan dengan Tuhan, jerih payah kita/saudara tidak sia-sia (1 Konrintus 15:28). Sebab itu kita harus move on, jangan berhenti dalam perjalanan iman,” pesannya.

“Solidaritas sosial kita juga perlu diperkuat terutama bagi mereka yang terdampak covid dan bencana alam. Hanya firman Tuhan yang bisa mengarahkan kita agar bisa menjadi suluh,” tambah Pdt. Henriette.

Baca juga:  DPP PIKI: Minta Aparat Keamanan Tegas dan Berikan Jaminan Rasa Aman Beribadah

Sementara itu, Ketua Umum PGI Pdt. Gomar Gultom mengajak GMIBM semakin peduli terhadap sesama, di tengah kondisi pandemi yang masih berlangsung saat ini.

“Mestinya perayaan ini diwujudkan melalui kepedulian dengan menyediakan diri menjadi sesama bagi orang lain, khususnya bagi mereka yang kurang beruntung. Hal ini menjadi penting diperhatikan, agar perayaan tidak sia-sia. Sebagaimana peringatan Allah yang disampaikan melalui nabi dalam kitab Amos 5:21-24,” paparnya.

Pdt. Gomar pun mengapresiasi kiprah GMIBM yang terus terlibat dalam memenuhi peran transformatifnya di tengah gereja dan masyarakat. Hal ini penting sebab tidak akan ada evangelisasi tanpa keterlibatan sosial dan tidak ada pewartaan iman tanpa perjuangan keadilan sosial.

“Saya juga mengajak kita semua bisa menjadi bagian dari adaptasi akan kebiasaan baru saat ini yaitu iman, aman, imun menghadapi Covid-19. Sebab penyebaran covid-19 semakin berbahaya, kunci memutus rantai ini ada di tangan kita semua,” pungkasnya.

Dalam perayaan HUT ke-71 GMIBM dan 117 tahun PI GMIBM juga diluncurkan lagu “GMIBM Rumah Kita” yang dinyanyikan oleh Trio Sekom. Lagu tersebut diciptakan oleh Pdt. Ch. N Pangulimang (lirik), Pdt. Rolly O Raintama (lagu/musik).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here