Aksi Solidaritas Umat Katolik Bantu Warga di Filipina

0
Uskup Kalookan Pablo Virgilio David (kiri) dan sukarelawan di keuskupannya telah membuat proyek dapur umum. (Foto : dok Pri Uskup David)

Filipina – Administrator apostolik Keuskupan Agung Manila, Uskup Broderick Pabillo memuji dapur umum yang didirikan umat paroki di Manila. Menurutnya, hal tersebut menggambarkan semangat “bayanihan” Filipina. Bayanihan adalah adat Filipina yang mengacu pada semangat persatuan komunal, kerja dan kerjasama untuk mencapai tujuan tertentu. 

 “Saya mendorong para imam, paroki dan komunitas gerejawi dasar untuk bergabung dengan inisiatif ini. Ini adalah cara yang sangat baik untuk menyebarkan kemurahan hati,” ungkapnya. 

Dikutip dari berbagai sumber, dapur umum di kota Manilia ini didirikan untuk menyediakan makanan bagi orang-orang yang terdampak Covid-19 di Filipina. Makanan yang disediakan seperti telur, makanan kaleng, buah-buahan dan sayuran.  

Baca juga:  Bukan Masalah Intoleransi, Gereja Toraja Mamasa Dibakar Jemaat yang Menderita Gangguan Jiwa

Salah satu penyelenggara dapur umum di Manila, Ana Patricia Non mengatakan dapur umum ini buka dari jam 6 pagi hingga 6 sore. Setidaknya dalam waktu kurang dari seminggu, dapur umum ini telah melayani sekitar 3.000 orang. 

Pendirian dapur umum di kota Manila juga menginspirasi daerah lainnya di Filipina, seperti di Kalookan. Uskup Pablo Virgilio David dari Kalookan menjelaskan dapur umum telah didirikan di Katedral San Roque pada tanggal 18 April 2021. 

Baca juga:  Hukum Bagi Orang Kristen yang Bertato, Dihapus atau Dibiarkan?

“Ini mungkin reaksi berantai terbaik yang pernah saya dengar di masa krisis ini. Ingat, kita diberi karunia untuk memberi. Tolong, di mana pun kami bisa, mari kita pasang salah satu dapur komunitas ini,” pintanya. 

Sementara itu, ketua Caritas Uskup Jose Colin Bagaforo dari Kidapawan mengatakan pendirian dapur umum merupakan sebuah upaya lokal yang terpadu untuk membantu orang yang membutuhkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here