Ali al-Sistani – Paus Fransiskus, Memperkokoh Hubungan Antar Umat Beragama di Irak

0
Paus Fransiskus
Paus Fransiskus dan Ali al-Sistani saat bertemu (Foto: dok rns)

Jakarta – Sejarah terus “terukir” dalam perjalanan hubungan antara umat beragama. Kamis (4 Februari), Pendeta Karam Qasha, Gereja Katolik Kaldea St. George di Telskuf, di Irak Utara, saat mengunjungi Roma mengungkapkan harapan, pertemuan antara Paus Fransiskus dan Pemimpin Syiah Ali al-Sistani dapat memperkokoh perdamaian antara umat Kristen – Muslim.

Sebagai mana yang dilihat dari laman resmi Religion News Service (RNS) Pendeta Karam Qasha, berkata pertemuan kedua tokoh ( Paus Fransiskus dan Ali al-Sistani ) dapat memperbaiki dan terus memperkokoh kepercayaan diantara antara umat Kristen dan Muslim di negara itu dan memberikan keberanian kepada orang-orang Kristen yang ketakutan.

Baca juga:  Paus Fransiskus, Penculikan Siswi di Nigeria Merupakan Tindakan Keji

“Mungkin kehadiran Ali al-Sistani akan menyembuhkan banyak luka di hati banyak umat beriman dan menunjukkan bahwa Gereja tidak meninggalkan umatnya,” kata Qasha kepada wartawan Kamis (4 Februari) saat mengunjungi Roma.

Qasha mengaskan pertemuan kedua tokoh Paus Fransiskus dan Ali al-Sistani, tidak terbatas hanya untuk Irak, tetapi juga untuk seluruh Timur Tengah. “Umat Muslim akan melihatnya sebagai pertemuan antara dua tokoh besar,” kata Qasha 

Baca juga:  Catat Syarat Penyelenggaraan Ibadah Minggu di DKI Jakarta di Masa Transisi

Sedangkan bagi umat Kristiani, Qasha meminta untuk mempromosikan dan menjaga perdamaian, supaya kepercayaan tidak terputus. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here