Apresiasi Anies Baswedan Ketika Membuka Sidang PGIW DKI Jakarta: Sidang Ini Merupakan Sebuah Terobosan baru

0
Anies membuka sidang pgiw dki
Gubernur DKI Anies Baswedan ketika memberikan sambutan dan membuka Sidang PGIW DKI Jakarta

Jakarta – Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia Wilayah (PGIW) DKI Jakarta menggelar Sidang di salah satu hotel di wilayah Sunter, Jakarta Utara, Senin-Rabu (12/4/2/2021). Adapun tema yang diangkat “Aku adalah yang awal dan akhir (Wahyu 22:12-13) dan sub tema “Membangun spiritualitas keugaharian dengan memperkuat solidaritas kebangsaan dan mengadaptasi pola hidup baru di tengah pandemi.”

Sidang ini diadakan dengan cara offline dan online. Majelis Pengurus Harian (MPH) PGIW DKI Jakarta hadir secara onsite, sedangkan para anggota mengikutinya melalui zoom.

Ketua panitia, Pnt. Felix Lawalata mengatakan tidak mudah menyelenggarakan sidang dimasa pandemi seperti ini. Terlebih sidang ini sempat tertunda pelaksanaannya karena pandemi.

“Tidak dipungkiri dinamika menyelenggarakan persidangan begitu dinamis. Pergumulan untuk menyelenggarakan secara daring atau luring, dan berbagai dinamika lainnya. Penundaan semata-mata karena kita semua mencintai kehidupan dan dalam kasih Kristus berupaya untuk menjaga yang Dia anugerahkan,” ungkap Felix dalam sambutan.

Sekum PGI Pdt. Jacklevyn Frits Manuputty berharap sidang PGIW DKI bisa menghasilkan berbagai keputusan yang bisa digunakan untuk pengembangan pelayanan PGIW DKI. Ia memandang posisi PGIW DKI amat penting karena berada di ibu kota Indonesia.

Baca juga:  Presiden Joko Widodo Pastikan Vaksin Covid-19 Gratis

“PGIW DKI sendiri bagi MPH PGI sangat penting posisinya karena posisinya ada pada sentrum dinamika kebangsaan, politik, sospol, terhubung dengan ibu kota DKI, karena itu posisi ini perlu dikapitalisasi semaksimal mungkin. Terutama sebagai mediator dan fasilitator bagi PGIW lainnya,” ungkapnya secara daring.

Kedepan, kata Pdt. Jacky dibutuhkan kepemimpinan gereja yang mampu beradaptasi dengan perubahan yang sangat cepat saat ini. Untuk itu tidak heran bila ada banyak perubahan model pelayanan baik secara teologi, diakonia dan fungsi gereja lainnya.

Ketua Umum PGIW DKI Jakarta Pdt. Manuel Raintung mengajak peserta sidang untuk dapat melihat pandemi dari sisi positif. Sebab, suka tidak suka pandemi masih akan terus mendampingi perjalanan kehidupan umat.

“Saya ingin mengajak perubahan ini bukan tidak berujung, tapi perubahan ini harus ada ujungnya. Ujungnya bukan berakhir, tapi kita harus menyadari dampak covid harus memperbarui kita juga. Kita harus ada dalam pembaruan,” katanya.

Pdt. Manuel Raintung memandang saat bukan hanya spiritualitas keugaharian yang diperlukan tapi juga spiritualitas pandemik. “Ini sebuah bentuk pembaruan bagi kita dan ini bukan hanya mengisi waktu pandemi, tapi ini adalah buah dari sebuah spiritualitas baru. Bahkan kita kembali pada sejarah bergeraja yang dimulai dari rumah. Kalau begitu yang paling dikedepankan adalah kematangan dan kedewasaan kita dalam beriman dan berpengharapan,” paparnya.

Baca juga:  Eratkan Tali Kasih Persaudaraan, Pesan Ketum LAI dalam Hari Doa UBS

Sementara itu, Gubernur DKI Anies Baswedan mengapresiasi sidang PGIW yang diselenggarakan secara virtual. Menurutnya, hal tersebut sebagai wujud kontribusi PGIW DKI untuk mengendalikan wabah di wilayah DKI Jakarta.

“Sidang wilayah ini sebuah terobosan yang saya yakin memberikan manfaat jangka panjang sebagai pembelajaran bagaimana sebuah pertemuan (bisa) tetap berlangsug dengan memanfaatkan teknologi (untuk) menjaga keselamatan bersama,” puji Anies yang hadir secara virtual.

Anies juga mengucapkan terima kasih pada Ketua Umum PGIW Pdt. Manuel Raintung yang telah mampu berkolaborasi dengan baik dengan Pemrov DKI. Ia berharap pengurus PGIW yang baru bisa terus membangun kolaborasi yang baik dengan Pemrov.

“Kolaborasi selama ini berjalan sangat baik, demi kemajuan, persatuan, kedamaiaan unutk selamanya. Berharap ini bisa diteruskan dan kepengurusan baru yang terbentuk makin membuat PGIW DKI solid dan makin banyak kegiatan yang memberikan manfaat bagi jemaat semua, gereja serta warga gereja,” kata Anies.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here