Bijak Bermedsos, Edukasi dari GMKI Salatiga

0
Bijak bermedsos
Yaser Wolawunga (kiri) bersama moderator dari GMKI Salatiga Deva Doki. (Foto: Tangkapan layar)

Salatiga – Media sosial (medsos) kini memiliki peran yang penting dari kehidupan manusia untuk berkomunikasi dan bersosialisasi dengan banyak orang. Hanya saja dalam penggunaannya perlu sikap yang bijak agar tidak sampai terjerat UU ITE.

Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) DPC Salatiga dalam “Podcast 19.00 – Media Sosial Sebagai Tempat Kesaksian Iman” yang disiarkan secara live melalui kanal Youtube GMKI Salatiga, Rabu (19/5/2021).

Tujuan dari Podcast 19.00, GMKI Salatiga ingin mengajak para kader maupun simpatisan untuk bijak bermedsos.

Pendiri Forum Forum Komunikasi Mahasiswa Sumba di Jawa (KMSJ) Yaser Wolawunga yang diundang sebagai pembicara mengatakan bijak dalam bermedsos mutlak harus dipahami oleh setiap orang.

Baca juga:  Aplikasi Alkitab Bahasa Minang Diminta Gubernur Sumatera Barat Untuk Dihapus

“Bijak artinya selalu menggunakan kata-kata yang baik dan tidak mengshare hal-hal yang berbau negatif. Bijak bagaimana kita (mampu memahami) dalam memberikan informasi yang benar,” katanya.

Ketika mampu berlaku bijak bermedsos, lanjut Yaser, medsos bisa menjadi “alkitab” hidup bagi para followernya. “Jadi saksi (Tuhan) di medsos tidak harus mengshare khotbah atau firman Tuhan. Tapi bisa dari berbagai kegiatan yang kita lakukan atau motivasi (dan hal-hal positif lainnya). Dengan catatan hidup kita juga sesuai dengan apa yang kita bagikan (share),” pesan pendiri ‘Kasih Salatiga’ sebuah gerakan seribu rupiah per hari bagi yang membutuhkan.

Baca juga:  Pdt. Dr. Rubin Adi Abraham Bicara Soal Perceraian

Di sisi lain, Yaser mengingatkan supaya setiap orang selalu cek segala sesuatu yang ingin dishare di medsos. Ini perlu dilakukan supaya apa yang dibagikan benar-benar bisa menjadi berkat bagi para follower. “Caranya cek dengan kata kunci di google dan bandingkan dari beberapa sumber,” ungkap co-founder Indonesia Menalar ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here