Cara Mengatasi Penyakit Pasca Menopause Dibahas dalam “Victorious Women”

0
Para peserta Victorious Women

Jakarta – Rabu (28/4/2021) Ibadah tengah minggu para wanita di GBI Victorious Family atau biasa disebut dengan nama “Victorious Women” membahas tema “Mengatasi Penyakit-penyakit yang Timbul Pasca Menopause” dan sub tema “Pada masa tua pun mereka berubah, menjadi gemuk dan segar” (Mazmur 92:15).

Acara yang diadakan melalui Zoom ini dimulai dengan pujian, penyembahan dan doa yang dipimpin tim praise and worship GBI Victorious Family. Hadir sebagai pembicara Ps. Dr. dr. Ruyandi Hutaoit, SPU, MA, M.Th.

Ps. Ruyandi menjelaskan secara medis wanita akan mengalami menopause ketika siklus menstruasi berakhir di usia 40 hingga 50-an. Adapun tanda-tanda menopause pada setiap wanita berbeda-beda. “Terkadang tanda-tanda menopause bisa menyerupai masalah Kesehatan tertentu. Agar tidak keliru, kenali apa saja tanda menopause pada wanita,” katanya.

Salah satu tandanya seorang wanita masuk masa menopause yaitu bila tidak lagi mengalami menstruasi dalam kurun waktu 12 bulan berturut-turut. Selain itu bisa juga ada masalah pada saluran kemih, sensasi rasa panas, vagina kering, gairah seks menurun, dan masalah psikologi.

Baca juga:  Wilton Gregory, Menjadi Kardinal berkulit Hitam Pertama bagi Amerika Serikat.

“Tanda-tanda menopause sebenarnya sudah mulai muncul sejak masa pra menopause, yaitu periode transisi yang terjadi beberapa tahun menjelang menopause. Pada masa ini produksi hormon estrogen oleh ovarium secara bertahap sudah mulai berkurang,” jelas Ps. Ruyandi dan menambahkan masa pra menopause biasanya berlangsung selama empat tahun, walaupun bisa saja lebih lama atau lebih cepat.

Dokter spesialis Urologi lulusan kedokteran UKI ini memberikan tips untuk mengatasi tanda-tanda datangnya masa menopause. Pertama, hot flashes atau berendam air sejuk (dingin). Kedua, supaya memiliki kualitas tidur yang baik, belajar teknik relaksasi dan cara pernapasan diagfragma. Ketiga, untuk meringankan keluhan tidak bisa menahan BAK atau sering BAK, latihan kegel. Keempat, cara memperbaiki hubungan seks, memakai pelumas dengan bahan dasar air.

Baca juga:  Paskah Jalan Keluar di Masa-Masa Sulit

“Apabila keluhan akibat tanda-tanda menopause dirasakan sangat mengganggu, Anda mungkin membutuhkan terapi penggantian hormon,” ujarnya.

Selain terapi penggantian hormon, kata Ps. Ruyandi biasanya dokter akan memberikan pengobatan lain misalnya memberikan obat tidur untuk mengatasi insomnia.

Diakhir, Ps. Ruyandi meminta supaya para wanita memperhatikan asupan nutrisi harian, rajin olahraga, tidak merokok, tidak konsumsi alkohol, cukup istirahat, menjaga berat badan, menjaga tekanan darah dan mengelola stres dengan baik supaya tidak cepat mengalami menopause. Juga secara rohani, ia mengajak para wanita rajin membaca Alkitab.

Setelah pemaparan acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipimpin Wakil gembala GBI Victorious Family Ps. Monique Martin Supit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here