Caritas Indonesia akan Fokus pada Pemulihan Korban di NTT

0
Bencana NTT
Siklon Seroja yang menghantam menyebabkan NTT porak poranda. (Foto: Istimewa)

Jakarta – Direktur Eksekutif Caritas Indonesia (KARINA), Pastor Fredy Rante Taruk mengatakan saat ini Caritas Indonesia dan jaringannya sedang memulai masa transisi. Hal ini dilakukan karena masa tanggap darurat akan berakhir tanggal 5 Mei 2021.

Dalam konferensi pers yang digelar secara daring, Jumat (23/4/2021), Pastor Fredy menjelaskan akan dilakukan intervensi Multi-Purpose Cash Assistance (MPCA), Pendidikan alternatif, dan Psikososial di wilayah Pelayanan Caritas Keuskupan Larantuka.

“Masa transisi akan dimulai dari tanggal 6 Mei-5 Juni 2021 dengan jenis intervensi MPCA (bantuan tunai), Kesehatan-Psikososial, Pendidikan, dan WASH (air bersih, sanitasi, dan kebersihan diri).”

Baca juga:  PGI Mengajak Warga Gereja untuk Membantu Korban Bencana NTT

Selain itu, usai masa transisi nanti akan ada fase pemulihan rehabilitasi dan rekontruksi yang akan dimulai tanggal 6 Juni 2021 hingga 2022.

Di sisi lain, Pastor Fredy mengimbau supaya para donatur dapat mengirimkan bantuan makanan yang lebih beragam. Sebab dari pengalamannya, lebih banyak donatur mengirimkan mie instan.

“Mereka di sini juga sudah bosan makan mie terus menerus. Nah, ini perlu didiskusikan Kembali. Kemarin, Dekenat Lembata mempunyai strategi untuk penyediaaan 11 karung ikan asin. Itu laris. Salah satunya memang makanan kering yang dibutuhkan,” ungkapnya.

Baca juga:  Kampung Adat, Sebuah Restorasi Pembangunan di Tanah Papua yang Digagas Bupati Jayapura Mathius Awotiauw

Di sisi lain, Koordinator ER/DRR Caritas Indonesia, Leo Depa Dey menjelaskan bahwa besaran bantuan dana yang akan diberikan sebesar Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta. Besaran tersebut mengikuti skema yang telah ditentukan pemerintah.

“Wilayah pelayanan Caritas Keuskupan Weetebula masih belum tersentuh dari rencana lembaga kemanusiaan yang tergabung dalam Pokja Bantu untuk mengintervensi melalui MPCA,” kata Leo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here