Dipastikan, Tahun Ini Paus Fransiskus Menyampaikan Kotbah Natal Dari Ruang Pribadinya

0
(FILES) This file photo taken and handout on April 21, 2019 by the Vatican press office, Vatican Media, shows Pope Francis delivering the "Urbi et Orbi" blessing to the city and to the world from the balcony of St Peter's basilica after the Easter Sunday Mass in the Vatican. - March 15, 2020 Vatican says to hold Easter celebrations without congregation due to coronavirus (Covid-19). (Photo by Handout / VATICAN MEDIA / AFP) / RESTRICTED TO EDITORIAL USE - MANDATORY CREDIT "AFP PHOTO / VATICAN MEDIA" - NO MARKETING NO ADVERTISING CAMPAIGNS - DISTRIBUTED AS A SERVICE TO CLIENTS ---

VATIKAN– Baru-baru ini pihak Istana Apostolik Vatikan mengeluarkan pemberitahuan bahwa Paus Fransiskus akan menyampaikan kotbah dan pesan Natal dari dalam ruangan khusus yang ada di Istana Apstolik Vatikan pada Jumat (25/12/2020) waktu setempat. Penyelenggaraan Misa Malam Natal Kamis (24/12/2020) waktu setempat dimajukan agar jemaat bisa kembali ke rumah masing-masing sebelum pukul 22.00 waktu setempat.
Keputusan ini dikarena berita yang dilansir oleh BBC dan AFP dua kardinal yang dekat dengan Paus, Kardinal Polandia Konrad Krajewski, yang bertanggung jawab atas kegiatan amal Paus, dan Presiden Vatikan Kardinal Italia Giuseppe Bertello juga dinyatakan positif Covid-19.
Setiap tahunnya, seperti kebiasaan pada umumnya, Paus Fransiskus menyampaikan pesan “Urbi dan Orbi” atau Kepada Kota dan Dunia dari atas balkon Gereja Katolik Basilika Santo Petrus setiap Hari Natal. Acara penyampaian pesan natal ini sudah berlangsung bertahun-tahun dilakukan oleh pendahulu paus sebelum-sebelumnya. Namun keadaan dunia yang sedang mengalami pandemi covid 19 sejak akhir 2019, ditambah lagi anggota keuskupan pusat yang terkena covid 19, mengakibatkan harus menyelamatkan Kesehatan dan keselamatan dari Paus Fransiskus yang sudah memasuki usia 84 tahun.”Paus Fransiskus akan menyampaikan pesan Natal dan menyampaikan berkat Urbi er Orbi di Aula Berkah secara pribadi dan online di Istana Apostolistik Vatikan,” kutip pernyataan dari perwakilan Vatikan. Pembacaan doa Angelus berlangsung dua dan tiga hari setelah Natal pada tanggal 1, 3, dan 6 Januari 2021 mendatang akan dilakukan dari perpustakaan dalam lingkungan Istana Apostolik Vatikan.
Penyesuaian perayaan Natal ini berlaku setelah Kardinal asal Polandia, Konrad Krajewski, dinyatakan positif Covid-19.
Seperti diketahui melalui berita yang dikutip AFP, meski protokol Kesehatan yang ketat diterapkan di Italia, Paus Fransiskus sering tidak mau menggunakan masker. Paus Fransiskus dan rombongannya juga sering terlihat tak mengenakan masker dalam pertemuan dengan para staf Vatikan. Perlu diketahui bahwa Paus berisiko mengidap komplikasi jika terserang virus corona karena faktor usia dan juga Riwayat Kesehatan dimana ia pernah mengidap penyakit paru-parunya. Oleh dasar itulah, pihak istana Vatikan mengeluarkan kebijakan tersebut. (Jaya).

Baca juga:  Harapan PGI kepada Menteri Agama Terkait Pelajaran Agama di Sekolah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here