Dr. John N Palinggi : Hidup Rendah Hati Dapat Mengatasi Semua Masalah

0
John Palinggi
Dr. John N Palinggi

Jakarta – Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo resmi dilantik Presiden Ir. H. Joko Widodo (Jokowi), Rabu (27/1/2021),  sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri). Setelah resmi, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, bergerak cepat melakukan pertemuan dengan berbagai pimpinan Lembaga Tinggi Negara dan tokoh – tokoh (pimpinan) organisasi keagamaan, termasuk bertemu dengan pengamat politik, ekonomi dan sosial kemasyarakatan, Dr. John N Palinggi, MM., MBA.,

Dr. John N. Palinggi, MM., MBA., yang juga Ketua Asosiasi Rekanan Pengadaan Barang dan Distributor Indonesia (Ardin), berbincang – bincang ringan dengan topik beraneka ragam pada beberapa wartawan dimasa libur panjang ini.

Pengamat politik, ekonomi dan sosial kemasyarakatan nasional ini termasuk menceriterakan kesannya saat bertemu dengan Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo. “Cerita saya tidak spesifik pada Kapolri sekarang. Sebab saya membangun hubungan dengan semua orang yang dipercaya Tuhan mengemban tugas sebagai pejabat negara, termasuk di TNI – Polri dan pejabat lainnya. Keyakinan saya mereka semua dipilih ditetapkan oleh Allah, sekalipun melalui (Surat Keputusan) manusia. Maka saat mereka menjabat wajib untuk menghormati, karena hormat itu saya tujukan pada Tuhan. Itu saya lakukan karena negara berbuat sangat besar bagi saya. Mana mungkin orang muda bisa masuk Lemhamnas, itu tidak gampang,”buka ceriteranya.

Pria yang sudah membangun relasi dengan 8 presiden, 10 Kapolri, 7 Panglima TNI menuturkan hubungannya terjalin tanpa meminta proyek dan meminta jabatan ini berkata untuk berbuat kebaikan jangan pernah memandang muka, suku dan agama. Lakukan kebaikan itu, apalagi terhadap pejabat negara, dalam rangka mendukung tugasnya dan jangan berharap banyak akan adanya balasan, itu namanya ketulusan dan keikhlasan.

Baca juga:  Holiday tapi Safety dari Covid 19,Bagaimana caranya?

“Saya melakukan kebaikan dalam hidup saya dan mendapatkan disepanjang jalan saya rezeki uang harta benda, kebahagiaan dari Tuhan. Sampai saat ini selalu dari Tuhan tidak pernah saya bayangkan tau – tau datang sekian Miliar,”tuturnya.

Rahasianya bisa membangun relasi dengan 8 presiden, 10 Kapolri, 7 Panglima TNI dan mendapatkan berkat – berkat dari Tuhan, katanya hanyalah sederhana, takut akan Tuhan, dan terus mampu membawa diri dengan kerendahan hati.

Bermodal kerendahan hati itu pasti ditolong Tuhan, tegas Dr. John N Palinggi, dan kerendahan hati itu dilihatnya dimiliki juga oleh Kapolri dan Presiden Ir. H. Joko Widodo.

“Mengkoordinasikan personil internal Polri Listyo Sigit Prabowo pasti sanggup. Karena membina mengarahkan orang kalau kita tinggi hati pasti ada perlawanan. Orang rendah hati itu akan diberikan selalu anugerah oleh Tuhan, petunjuk, pertolongan, perlindungan dari Tuhan untuk melakuakan tugasnya. Rendah hati itu akan ditinggikan oleh Tuhan dalam segala aras pengabdiannya,”tegasnya.

Dalam pertemuannya Selasa (9/02/2021) dengan Listyo Sigit Prabowo, kesan rendah hati itu sangat tampak. “Nampak sekali Listyo Sigit Prabowo orang yang rendah hati yang bisa mengemban tugasnnya dengan tulus. Seperti yang sudah saya ungkapkan sebelum beliau dipilih menjadi Kapolri,”

Baca juga:  Dipastikan, Tahun Ini Paus Fransiskus Menyampaikan Kotbah Natal Dari Ruang Pribadinya

Dr. John N Palinggi mengunci perbincangan berhubungan dengan Listyo Sigit Prabowo, dengan satu kata tidak ada yang sulit untuk dikerjakannya.

“Saya kira tidak sulit karena kerja Kapolri itu bukan kerja individu, dia kerja berdasarkan organisasi dengan personil-personil yang mendukung dia. Dan dia kerja berdasarkan kolaborasi dengan semua institusi pemerintah. Polisi itu sudah memiliki standar operasional prosedur yang sudah bagus, sudah sangat sophisticated,”

Topik lainnya, soal pembahasan UU Pemilu oleh DPR – RI yang terhenti dan dihubung-hubungkan dengan dinasti (keluarga) Presiden Ir. H. Joko Widodo. “Sedikit-sedikit bapak Presiden dapat masalah karena perubahan UU, Bapak Presiden tidak ada sama sekali akses terhadap pembuatan UU itu. Aksesnya adalah bisa inisiatif DPR bisa juga dari Presiden tetapi diuji di DPR dengan bersama semua partai politik yang ada di sana,”katanya.

Dr. John N Palinggi mengamati, selama 6 tahun memimpin, sering sekali Presiden yang disudutkan Presiden selalu penuh dengan fitnah, selalu penuh dengan ocehan. Tapi, bersyukur, lewat fitnah dan ocehan itu menjadi modal utama Presiden bertahan karena memiliki kerendahan hati.

“Sekali lagi tidak ada kaitan sama sekali, sering dikaitkan dengan keluarga Presiden tidak adalah, terlalu kecil kita berpikir itu,”tegasnya.

Ada banyak topik yang dibahasnya, dan semuanya ia menegaskan tentang mendekatkan diri kepada Tuhan serta hidup dengan rendah hati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here