Dr. John N. Palinggi Yakin Listyo Sigit Prabowo Sangat Bagus Tangani Polri, Dia Orang Rendah Hati

0

Jakarta – Presiden Joko Widodo secara resmi mengirimkan surat rekomendasi penunjukan calon Kapolri baru kepada DPR pada 13 Januari 2021 lalu.

Ialah Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo yang saat ini menjabat Kabareskrim Polri menjadi calon tunggal Kapolri yang nantinya akan menggantikan Komjen Pol. Idham Azis yang akan persiun pada 1 Februari 2021 nanti.

Sebelum memutuskan Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo menjadi calon semata wayang, Presiden Jokowi sebelumnya telah menerima rekomendasi 5 nama yang akan mengisi pos yang akan menjadi orang nomor satu di tubuh Polri.

Vifamedia berkesempatan berbincang dengan Ketua DPP Ardin, Dr. John N. Palinggi mengenai figure mantan Kapolda Banten ini.

Menurut Bapak John, berikut yang beliau biasa disapa, saat ini proses menuju Kapolri memasuki tahap final, dimana sang calon Kapolri akan melakukan dialog yang sangat tajam dengan DPR atau yang biasa disebut dengan fit and proper test.

Meski menjadi calon tunggal dari Presiden, ini bukan merupakan seolah-olah formalitas dan pasti jadi. Tapi tahap ini DPR juga berperan penting apakah layak tidaknya sang calon Kapolri ini menjadi pemimpin baru di tubuh kepolisian.

“Jangan dianggap bahwa ke DPR itu hanya asal-asalan di sana juga menentukan”, katanya.

John menegaskan setiap pemilihan calon tunggal Kapolri pasti menimbulkan pro dan kontra di tengah-tengah masyarakat, itu hal yang lumrah.

Menurut John, apabila DPR sudah menetapkan lolos fit and proper test maka tidak ada alasan lagi untuk orang lain membicarakan hal yang tidak perlu.

Baca juga:  Johny Simanjutak,S.H : Pemprov DKI Jakarta harus akui meningginya kenaikan kasus Covid 19

Lanjut John, kalau ada pro dan kontra itu dinamika demokrasi dalam masyarakat. Terkadang masyarakat ataupun seluruh elemen bangs ini menggunakan hal-hal yang sensitif untuk membuat suatu polemi di tengah masyarakat.

“Yang terpenting memberikan pendapat itu jangan sampai menyentuh hal-hal yang sensitif,” serunya.

Tambah John, semua element dan etnis apapun masyarakat di bangsa ini harus bersatu dan bersama membangun bangsa ini yang sedang terpuruk salah satunya dari akibat dari pandemi Covid-19

“Apakah Etnis Tionghoa,atau Kristen Katolik Hindu Budha, Konghucu apa Islam itu sangat dibutuhkan untuk membangun bangsa ini. Karena kita semua adalah warga negara maka sama di mata hukum”, tambahnya.

Mengenai sosok Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo, John melihat pengalaman sang calon Kapolri yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Banten, pernah juga mendapat penolakan dari beberapa elemen masyarakat.

Tapi Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo mampu berkomunikasi dengan orang-orang yang sempat menolaknya dengan cara pendekatan kepada setiap elemen masyarakat.

“Pernah waktu penugasan di Banten itu dengan hampir gegap gempita orang menolak karena masalah agamanya tetapi pada akhirnya dia sendiri dengan tampilan pribadi mendekatkan diri kepada ulama tokoh agama, tokoh masyarakat malah sangat sayang, waktu ia dipindah orang di sana nangis”, katanya.

Menurut John, calon Kapolri ini memiliki sifat rendah hati. Terbukti saat dimintai pendapat media, sikapnya selalu menunjukkan sebagai orang yang rendah hati dan juga dapat terlihat pada tutur kata yang straight to the point dan nada suara yang tidak tinggi.

Baca juga:  Pentingnya Membangun Dialog Antar Agama yang Konstruktif

“Orang yang rendah hati, salah satu buktinya sanggup membuat kerjasama dan juga menghormati dan memiliki belas kasih kepada orang dan mampu mencipatakan kerja sama yang baik. Saya lihat dalam diri Pak Sigit orangnya rendah hati,” tandasnya.

“Masalah Kopolri, jangan sampai kita orang per orang itu menyentuh hal-hal sensitif yang bisa menyakiti perasaan orang lain,” pesan John kepada semua elemen masyarakat.

John juga menghimbau kepada setiap elemen masyarakat jangan ributkan perbedaan, “Perbedaan itu di dalam Islam adalah Rahmat, jadi tidak perlu diributkan,” tandasnya.

John mengungkapkan keyakinannya akan calon Kapolri baru pilihan Presiden Joko Widodo ini, Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo untuk memimpin korps Bhayangkara dan merupakan figure yang tepat.

“Saya sangat yakin Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo mampu memangku jabatan sebagai Kapolri dengan berbagai dimensi tantangannya dan akan ditangani dengan sangat bagus, Saya tidak ragu sama Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo itu”, ungkapnya.

“Orang rendah hati pasti dipakai Tuhan untuk membantu keadaan susah negara ini. Itu ada di Pak Sigit, ada dalam dirinya. Perhatikan kalau Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo tampil”, tutupnya mengakhiri pembicaraan dengan VifaMedia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here