Gedung Sinode GMIH dan Rumah Sakit Bethesda Lolos dari Aksi Jago Merah

0
Ilustrasi : GMIH Imanuel, Gamsungi, Halmahera Utara dilahap api. (Foto : istimewa)

Maluku – Warga Jl. Kemakmuran, Desa Gamsungi, Kecamatan Tobelo, Halmahera Utara, Maluku Utara, berhamburan keluar rumah ketika mendegar ada warga lainnya berteriak Gereja Masehi Injili di Halmahera (GMIH) terbakar. 

Sih jago merah melahap Gedung Gereja Imanuel-GMIH yang diresmikan tahun 2019 ini, Kamis (18/2/2021), sekitar pukul 23:15 WIT, yang diduga kebakaran ini dipicu korsleting listrik, karena adayang sempat mendengarkan bunyi ledakan. Jago merah berawal dari pintu samping kemudian merambat ketempat lain, dan apinya makin membesar. 

Saksi mata yang lain, bernama Ricky melihat api langsung menerobos masuk ke dalam gereja melewati pintu belakang. Tujuannya menyelematkan aset gereja seperti piano, pohon Natal, dan Alkitab tetapi api begitu cepat melahap Gedung Gereja.

Baca juga:  BPH GBI Mendukung Pemerintah Lakukan Vaksin Covid-19

Begitupun kesaksian dari Gerti yang sempat panik melihat api menyambar semua perabotan yang memang mudah terbakar, karena banyak terbuat  dari kayu. Dan tanpa waktu yang lama api sudah menyebar dan membakar seluruh gedung utama.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Tetapi telah menimbulkan kerugian yang diperkirakan mencapai Rp 8 miliar.

Kapolres Halmahera Utara AKBP Priyo Utomo Teguh Santoso membenarkan terjadinya kebakaran, dan memperkirakan kerugian berkisar Rp 8 miliar lebih.

Kantor pusat Sinode Gereja Masehi Injili di Halmahera (GMIH) dan Rumah Sakit Bethesda yang bersebelahan dengan Gereja Imanuel, lolos dari aksi jago merah. 

Dilihat dari media online, poskomalut, ada seorang warga negara, Haji Robert Nitiyufo Wacho, kata Ketua DPRD Halmahera Utara, Yulius Dagila bahwa menyatakan siap membangun kembali Gereja yang hangus terbakar.

Baca juga:  Kalahkan Covid-19 dengan Imunitas Prima

“Haji Robert Nitiyudo Wacho, merasa prihatin dengan musibah kebakaran Gereja Pusat Imanuel Gamsungi dan berjanji akan membangun kembali Gereja tersebut,” Ungkap ketua DPRD Halut Yulius Dagilaha, seperti ditulis poskomalut.comSpontan saja berita itu ditanggapi positif pihak gereja. Dalam hal ini, Wakil Ketua Jemaat Imanuel Gamsungi ,Nelson Sahetapi, sebagai Badan Pekerja Harian Jemaat, mewakili seluruh jemaat Imanuel Gamsungi, berterima kasih kepada Haji Robert Nitiyudo Wacho, yang sedia membantu pembangunan Gereja Pusat Imanuel Gamsungi. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here