Harapan PGI Terhadap GPM di Bawah Kepemimpinan Pdt. E.T. Maspaitella

0
GPM
Logo Gereja Protestan Maluku

Ambon – Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) mengucapkan selamat atas terpilihnya Pdt. Elifas Tomix (ET) Maspaitella terpilih menjadi Ketua Umum (Ketum) Sinode Gereja Protestan Maluku (GPM).

“MPH PGI mengucapkan selamat bagi fungsionaris Sinode GPM periode 2020-2025. Berharap amanat dan tugas yang baru bagi para fungsionaris MPH GPM dapat dijalankan guna membawa GPM lebih baik dengan berbagai tantangan dan persoalan yang dihadapi baik masa kini dan di masa depan,” isi siaran pers yang ditandatangani Humas PGI Philip Situmorang, Jumat (19/2/2021).

MPH PGI berharap GPM juga ikut serta untuk memberikan sumbangsih pemikiran dan daya untuk kemajuan pelayanan bukan saja bagi jemaat GPM sendiri tapi juga bagi gereja-gereja yang ada di Indonesia serta bekerjasama dengan pemerintah.

Di sisi lain, MPH PGI mengapresiasi kinerja panitia Sidang Sinode GPM ke-38 yang telah berhasil memadukan persidangan secara onsite maupun virtual. Hal ini kiranya bisa menjadi contoh bagi gereja lainnya.

Baca juga:  Cerita dan Pesan Pdt. Dr. dr. Dwijo Saputro Usai Divaksin Covid-19

“Kami mengapresiasi proses jalannya sidang sejak pembukaan hingga penutupan. Ini juga menjadi contoh bagi gereja-gereja lainnya untuk bisa menyelenggarakan sidang-sidang yang besar dengan prokes ketat dan semua dipatuhi oleh peserta sidang.”

Sementara itu, dilansir dari sinodegpm.org, Pdt. E.T. Maspaitella secara internal akan mengembangkan pola pelayanan dalam semangat pastoralia. Juga ia akan meningkatkan karakter pelayanan gereja, karakter umat dengan menumbuhkan kesadaran bergereja di seluruh pelayanan.

Ia mengatakan, hal tersebut dilakukan untuk menggerakan partisipasi dan dukungan seluruh jemaat untuk melaksanakan amanat Tuhan baik di sinode, klasis maupun jemaat (gereja lokal).

Secara eksternal, lanjut Pdt. E.T. Maspaitella GPM akan ikut merawat keutuhan bangsa dengan menjadikan keragaman dan semangat gereja yang bersaudara sebagai pondasi kekuatan merajut persaudaraan.

Baca juga:  Kondisi Terkini Para Tokoh Agama Usai Divaksin

“Kita juga dapat menjamin keadilan. Karena itu kita akan berusaha untuk membangun koinonia yang lebih tranformatis baik gereja sendiri maupun diantara umat beragama, dan stakeholders yang lain termasuk pemerintah,” ungkapnya dan menyadari di Maluku maupun Maluku Utara ada beragam tantangan sosial masyarakat yang harus dijawab oleh gereja. “Atau disisi lain Gereja dapat membantu seluruh masyarakat menemukan jawaban atas masalah sosial yang dihadapi dalam konteks kepulauan.”

Berikut ini susunan MPH Sinode GPM periode 2020-2025:

Ketua : Pdt. E. T. Maspaitella

Wakil Ketua 1 : Pdt. Ny. Lenny Rangkoratat/Bakarbessy

Wakil Ketua 2 : Pdt. I. H. Hetharie

Sekretaris Umum : Pdt. S. I. Sapulette

Wakil Sekum : Pdt. R. Rahabeat

Anggota :

Pdt. Janes Coling

Pdt. Ny. N. Souisa/ Gaspers

Pnt. Ny. B. Sahertian (Kota Ambon)

Pnt. Angky Papilaya (Pulau Ambon Timur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here