Ini Pesan Ridwan Kamil untuk Para Milenial

0
esan Ridwan Kamil untuk Para Milenial
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto-foto: Tangkapan layar)

Jakarta – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berpesan agar generasi milenial sudah mulai mempersiapkan diri. Sebab generasi milenial disebut-sebut akan memiliki peran penting di Indonesia yang akan mengalami bonus demografi di beberapa tahun mendatang.

“Masa depan yang berhasil adalah melalui perencanaan yang baik. Dan perencanaan yang baik datang dari generasi yang akan memimpin Indonesia dimasa depan. Hanya saja permasalahan kita hari ini adalah masyarakat mudah bertengkar karena perbedaan,” kata gubernur yang akrab disapa kang Emil dalam webinar DPP Generasi Muda Pembaharu Indonesia (GEMPAR Indonesia), Senin (17/5/2021).

Kang Emil menjelaskan tahun 2045 Indonesia dipreksi akan bisa menjadi negara adidaya. Namun ada tiga syarat yang harus dipenuhi terlebih dulu. Pertama, demokrasi harus damai. “Jangan lagi ribut ketika ada pemilihan presiden, gubernur dll. Demokrasi ketika sudah masuk ke pemilihan, sudah seharusnya seperti olimpiade atau PON. (kita) saling smash, adu strategi, tapi setelah pemilihan salaman, kumpul bareng lagi,” jelasnya.

Baca juga:  Pentingnya Membangun Dialog Antar Agama yang Konstruktif

Kedua, ekonomi harus 5%. Kang Emil mengatakan diperlukan berbagai strategi agar ekonomi Indonesia terus meningkat salah satunya melalui ekonomi digital.

Ketiga, milenial kompetitif. Kang Emil mengimbau para milenial untuk tidak lagi berleha-leha dan terus mengasah kemampuan diri supaya ke depan tetap memiliki daya saing yang baik. “Dunia itu selalu kompetitif, untuk itu dibutuhkan memiliki skill tambahan. Kuasai ilmu bahasa. Kalau tidak kompetitif, maka milenial hanya akan jadi angkat statistik saja,” tuturnya.

Kang Emil menegaskan untuk mencapai semua itu juga dibutuhkan ideologi yang sama diantara sesama anak bangsa yaitu Pancasila. Ia meminta berbagai pihak yang masih berpikir menjadikan Indonesia sebagai negara agama untuk berpikir ulang.

Baca juga:  Ganjar Pranowo Berikan Motivasi pada GEMPAR

“Bila kita memaksakan diri ingin menyamakan Indonesia dengan agama maka akan pecah. (Maka itu) bila ada yang menawarkan ideologi yang bertentangan dengan pancasila harus kita lawan,” tegasnya.

Pada kesempata tersebut kang Emil juga menceritakan berbagai inovasi yang telah ia lakukan di Provinsi Jawa Barat. Tujuannya untuk menumbuhkan rasa semangat para milenial. “Hidup itu jangan cari perhatian, penghargaan, tapi bekerja baik karena kemuliaan dan kewajiban. Bila dapat penghargaan, maka itu bonus,” ungkap kang Emil.

Di sisi lain, Ketua DPP GEMPAR Indonesia Yohanes Sirait dalam sambutannya mengajak para peserta untuk bisa lebih kreatif dan inovatif untuk menyongsong masa depan.

“Manusia bukan hanya (bertambah) jumlahnya tapi juga kualitasnya dan itu bicara soal inovasi pribadinya, apalagi ke depan kita akan bersaing dengan robot, artificial intelligence (AI),” kata Yohanes.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here