Inspiratif! Kisah Para Petani Wonorejo Adakan Ibadah di Sawah Ketika Masa Panen

0
Ibadah
Pdt. Ubin Maulana memimpin ibadah di tengah sawah yang diikuti para petani. (Foto: dok GKJW)

Situbondo – Apa yang dilakukan para petani di Wonorejo, Situbondo, Jawa Timur ini sungguh inspiratif. Sebagai ungkapan syukur atas tibanya masa panen, beberapa waktu lalu para petani yang juga warga jemaat GKJW Wonorejo, Situbondo, Majelis Daerah Besuki Timur ini mengadakan “Kebaktian Mengawali Masa Panen” di sawah milik gereja.

Kegiatan ini merupakan serangkaian kegiatan sebelumnya yaitu “Kebaktian Mengawali Masa Tanam” yang dilakukan ketika masa tanam tiba.

Seperti dilansir dari laman GKJW, Pdt. Ubin Maulana yang memimpin jalannya ibadah mengajak para petani yang berjumlah sekitar 40 orang ini untuk selalu semangat dan bersyukur di tengah situasi yang sulit. Situasi sulit yang dimaksud seperti mahalnya biaya perawatan sawah karena pembatasan pupuk bersubsidi, harga gabah yang sedang turun dan hasil panen yang berkurang karena curah hujan yang masih tinggi.

Baca juga:  Menag Yaqut Cholil Tegaskan Komitmen Wujudkan Harmonisasi Antar Umat Beragama Kepada Olly Dondokambey

“Panen ini tetap harus dihayati sebagai berkat Tuhan Allah yang harus diterima dengan penuh ucapan syukur. Semua ada waktunya dan Tuhan berkuasa atas semua itu. Kita umat kepunyaan-Nya hanya diminta untuk tetap tekun dan setia menjalankan segala tugas dan tanggung jawab dalam setiap proses kehidupan yang ada.”

Ibadah ini diadakan untuk mengajak para jemaat sadar tentang kuasa Tuhan lewat alam (sawah) yang menjadi bagian dalam kehidupansehari-hari. Berharap, para jemaat semakin menghargai alam (sawah) dan merawatnya dengan penuh tangguh jawab. “Bukan hanya untuk demi keberlangsungan kehidupan saat ini saja, tetapi juga keberlangsungan hidup anak cucu nanti.”

Baca juga:  Kreativitas UEM-GKJW Lewat Bebagai Kegiatan Virtual

Diakhir ibadah, ada pemotongan padi yang siap dipanen secara simbolis sebagai simbol ungkapan syukur pada Tuhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here