Jadilah Gembala Berbau Domba, Pesan Paus Fransiskus kepada Para Imam Muda

0
Paus Fransiskus bertemu dengan komunitas Gereja St. Louis dari Prancis di Roma. (Foto: istimewa)

Jakarta – Ketika bertemu dengan para imam muda Perancis yang sedang belajar di Roma, Senin (7/6/2021), Paus Fransiskus berpesan agar menjadi gembala berbau domba. Paus juga mengingatkan tanggung jawab imam sebagai suara dari kenabian.

“Imam adalah seorang pria yang, dalam terang Injil, menyebarkan cita rasa Tuhan di sekelilingnya dan mengirimkan harapan ke hati yang gelisah: beginilah seharusnya,” kata Paus.

Paus meminta para imam untuk melepaskan hal-hal yang berbau duniawi, salah satunya jabatan. Ini perlu supaya hati dan pikiran benar-benar bisa konsentrasi membangun gereja. “Lepaskan ide-ide Anda yang sudah terbentuk sebelumnya, impian Anda akan kebesaran, penegasan diri Anda, untuk menempatkan Tuhan dan orang-orang di pusat perhatian Anda sehari-hari,” tegas Paus

Baca juga:  PSBB diperpanjang, Sistem Ganjil Genap Masih Belum Berlaku

Menjadi Imam, kata Paus, harus dimulai dengan rasa syukur kepada Tuhan. Setelah itu senantiasa menyerahkan hidup sepenuhnya kepada Tuhan. “Syukur (adalah) ‘senjata ampuh’ untuk menjaga api harapan tetap menyala di saat-saat putus asa, kesepian, dan pencobaan.”

Paus juga mendorong para imam muda ini untuk tidak takut memimpikan sebuah gereja yang sepenuhnya melayani anggotanya dan dunia dengan menyatakan bahwa masing-masing dari mereka memiliki kontribusi untuk dibuat. “Pendeta yang tidak punya selera humor, tidak suka, ada yang salah. Tirulah para imam besar yang menertawakan orang lain, pada diri mereka sendiri, dan bahkan pada bayangan mereka sendiri,” katanya.

Baca juga:  Pesan Perdamaian Paus Fransiskus Saat Lawatan ke Irak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here