Jadilah Teladan Bagi Anak, Ini yang Harus Dilakukan Orang Tua Kristiani

0
Ps Monique Supit
Ps Monique Supit

Jakarta – Banyak orang mengatakan orang tua memiliki andil yang besar bagi tumbuh kembang anak, mulai dari kecerdasan intelektual (hard skill) dan non intelektual (soft skill). Hal ini juga berlaku dalam keluarga Kristiani.

Dalam ibadah GBI Victorious Family yang disiarkan secara live streaming, Minggu (27/6/2021), Ps. Monique Supit membawakan renungan tentang pentingnya arti sebuah keluarga.

“Keluarga adalah rancangan Tuhan untuk setiap orang tua melakukan apa yang Tuhan titipkan yaitu anak-anak. Supaya bisa membawa anak-anak berjalan dalam visi yang Tuhan berikan,” katanya.

Ps. Monique menjelaskan orang tua harus mampu membimbing anak-anak agar mampu menemukan rancangan yang sudah Tuhan berikan. Untuk itu setiap orang tua harus bisa menjadi teladan bagi anak-anak.

“Orang tua adalah teladan, mulai dari perkataan hingga perbuatan (Titus 2:7). Orang tua adalah cermin bagi anak-anak, seperti pepatah ‘we produce who we are’ (kita menghasilkan diri sendiri), jadi anak-anak mencontoh apa yang kita lakukan lebih dari apa yang kita ajarkan,” tuturnya.

Baca juga:  Pendeta Gereja di Australia Dipecat Karena Pelanggaran Moral

Hal pertama yang perlu dilakukan orang tua dalam kehidupan rumah tangga atau keluarga adalah memiliki hidup dalam kasih dan disipilin. Ps. Monique mengatakan anak-anak harus mampu melihat ada kasih dalam diri orang tua. Kasih bisa ditunjukkan dari hal sederhana, diantaranya memberikan senyuman atau memberikan pelukan.

Namun, lanjut Ps. Monique, kasih harus diberikan secara seimbang. “Terlalu banyak kasih, anak menjadi manja, terlalu banyak disiplin, anak menjadi tawar hati (kepahitan),” tegasnya dan menambahkan mendidik anak adalah tugas dari kedua orang tua (Amsal 22:6).

Hal kedua yang harus dilakukan orang tua adalah selalu memprioritaskan dan mengandalkan Tuhan. Ps. Monique mengajak para umat khususnya orang tua untuk mengintropeksi diri masing-masing, apakah selama ini dalam hidup lebih banyak mengeluh atau bersyukur.

Bila lebih banyak mengeluh, Ps. Monique meminta orang tua untuk segera bangkit dan mulai merinci kebaikkan Tuhan yang sudah dialami dalam hidup. “Apa yang kita lakukan, itulah yang sedang kita ajarkan kepada anak-anak. Tetap andalkan Tuhan dalam menjalani kehidupan ini,” ujarnya.

Baca juga:  Kalahkan Covid-19 dengan Imunitas Prima

Diakhir, Ps. Monique mengingatkan orang tua harus berhati-hati dalam bertingkah laku supaya tidak mewariskan hal-hal yang salah (negatif). “Hidup kita adalah teladan. Kita sedang membangun anak muda yang militan dalam Tuhan dan tidak kompromi dengan dosa, yang bisa menjadi terang dan garam sehingga nama Yesus ditinggikan,” pesannya.

Minggu ini, semua ibadah onsite di GBI Victorious Family di semua cabang masih ditiadakan dalam rangka mendukung pemerintah memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang meningkat akhir-akhir ini.

Semua ibadah di cabang, dipusatkan melalui kanal Youtube GBI Vifa TV pukul 09.00 WIB. Kecuali GBI Victorious Family cabang Bogor, ibadah diadakan melalui Zoom pukul 07.00 WIB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here