Jangan Sombong! Hidup Adalah Anugerah Tuhan

0
Ilustrasi sombong
Ilustrasi sombong. (Foto: istimewa)

Jakarta – Biasanya ketika sudah diberkati lebih oleh Tuhan, seseorang bisa menjadi lupa dan sombong. Ps Levina Supit dalam ibadah pukul 09.00 di GBI Victorious Family Hotel Ciputra lantai 6 ruang Victory, Grogol, mengingatkan jemaat supaya tidak sombong.

“Banyak orang saat ini merasa sukses karena kemampuan sendiri. Padahal apa yang kita dapatkan saat ini bukan karena ‘aku’ tapi karena anugerah Tuhan, jadi sebenarnya tidak ada yang bisa kita sombongkan dari hidup,” tegasnya dalam ibadah Minggu pukul 09.00 di GBI Victorious Family di Hotel Ciputra, Jakarta Barat, Minggu (9/5/2021).

Sombong, lanjut Ps Levina terjadi karena adanya keinginan daging, seperti yang tertulis dalam Galatia 5:19-21. Supaya bisa jadi pemenang, jemaat harus mau dan mampu keinginan daging. “Misalnya tanggal 13 Mei besok, ada ibadah kenaikkan di GBI Victorious Family Apartemen Robinson yang bertepatan dengan lebaran. Tinggal kita, mau ibadah dulu atau jalan-jalan? Bukannya saya bilang tidak boleh jalan-jalan, tapi itu bisa jadi ujian bagi iman kita,” katanya.

Baca juga:  Ps. Jacqlien Celosse: Hati-hati Dalam Berbicara, Perkataan Mengandung Kuasa

Ps Levina menjelaskan, keinginan daging hanya bisa dilawan dengan memiliki iman yang kuat. Iman yang kuat didapatkan lewat doa dan perenungan firman Tuhan serta mengaplikasikannya dalam kehdiupan sehari-hari.

“Tuhan saja dicobai iblis di padang gurun, apalagi kita? Itu pentingnya rajin membaca firman Tuhan setiap hari supaya iman kita bertumbuh, kuat dan tidak gampang tergoda dan peka terhadap suara Roh Kudus,” katanya dan mendoakan jemaat agar bisa melawan godaan daging.

Usai menyampaikan firman Tuhan, suaminya, Gembala GBI Victorious Family Ps Abraham Conrad Supit memimpin jemaat untuk masuk dalam sakramen perjamuan kudus.

Di sisi lain, Ps Johan Lumoindong dalam ibadah pukul 11.00 di tempat yang sama mengingatkan jemaat untuk bisa memiliki motivasi yang benar dalam mengikut Tuhan. “Yang mau saya bagikan, Tuhan selalu memanggil orang dengan tepat dan Tuhan selalu memiliki kesabaran (untuk memanggil seseorang). Motivasi yang benar dalam mengikut Tuhan sangat diperlukan,” jelasnya.

Cara pandang yang benar terhadap Tuhan, kata Ps Johan juga penting dimiliki setiap jemaat. “Tuhan itu besar atau tidak tergantung dari sudut pandang diri kita, ketika posisi kita dekat pasti kita akan bilang Tuhan itu besar. Maka itu untuk mengetahui Tuhan seperti apa, kenali dulu dosa kita lalu bertobat dan hidup sungguh-sungguh didalam-Nya. Kedekatan kita dengan Tuhan kadang berkat-Nya membuat kita ‘tenggelam’ penuh kelimpahan sukacita,” paparnya.

Baca juga:  Terus Bertumbuh dan Menjadi Berkat, Refleksi HUT ke-23 GKJ Depok

Untuk diketahui, GBI Victorious Family di Hotel Ciputra lantai 6 ruang Victory telah secara rutin menggelar ibadah rutin setiap hari minggu secara onsite maupun online. Ibadah dilakukan sebanyak 5 kali yaitu pukul 09.00, 11.00, 13.00, 15.00 dan 17.00. Adapun pembicara pada ibadah Minggu (9/5/2021) pukul 13.00 Ps Debby Basjir, pukul 15.00 Ps Petra Fanggidae, dan pukul 17.00 Ps Feba Affan.

Semua jadwal ibadah dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Pihak gereja telah mengatur kursi dengan berjarak sesuai aturan protokol Kesehatan. Jemaat yang hadir juga wajib memakai masker dan datang dalam keadaan sehat, tidak demam, pilek atau batuk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here