“Kebangkitan Ekaristi” Inisiatif dari Uskup Auksilier Andrew Cozzens

0
Andrew Cozzens
Andrew Cozzens. (Foto: istimewa)

Jakarta – Para uskup Amerika Serikat (AS) pada, Jumat (18/6/2021) menggelar pertemuan secara virtual membahas tentang “Kebangkitan Ekaristi” yang bertujuan menambah wawasan pengetahuan lebih, tentang Ekaristi secara nasional.

Adapun yang ikut memberikan inisiatif dalam merinci “Kebangkitan Ekaristi Nasional” tersebut St. Paul dan Minneapolis, Ketua Komite Evangelisasi dan Katekese Konferensi Waligereja AS.

Uskup Auksilier di Keuskupan Agung Saint Paul dan Minneapolis, Andrew Harmon Cozzens menyatakan pemikirannya “Kebangkitan Ekaristi: Dagingku untuk Kehidupan Dunia.” Menurutnya, buah pikiran tersebut bertujuan memperbarui gereja dengan menyalakan hubungan yang hidup dengan Tuhan Yesus dalam ekaristi kudus.

“Sebuah gerakan umat Katolik di seluruh Amerika Serikat, disembuhkan, dipertobatkan, dibentuk dan dipersatukan oleh perjumpaan dengan Yesus dalam Ekaristi – dan diutus dalam misi untuk kehidupan dunia,” kata Andrew.

Baca juga:  Sudah Merasa Toleran? Cek Indikator Berikut ini Para Milenial

Andrew menjelaskan kebangunan rohani tersebut dirancang untuk berdampak pada setiap tingkat gereja, dari rumah tangga dan paroki hingga tingkat nasional serta dijadwalkan akan dimulai pada musim panas mendatang.

“Keuskupan dapat mengadakan perayaan Corpus Christi, hari adorasi dan rekonsiliasi, serta hari evangelisasi dan pelayanan Ekaristi,” kata Ketua Komite Evangelisasi dan Katekese Konferensi Waligereja AS ini.

Menurut Andrew, ada lima yang menjadi pilar dalam kebangkitan. Pertama, untuk mendorong perjumpaan dengan Yesus melalui proklamasi kerygmatic dan pengalaman devosi Ekaristi. Kedua, merenungkan dan mewartakan doktrin kehadiran nyata Yesus dalam Ekaristi melalui kebenaran ajaran Gereja, keindahan ibadat Gereja dan kebaikan hidup pelayanan.

Ketiga, untuk memberdayakan kreativitas akar rumput dengan bermitra dengan gerakan, kerasulan, lembaga pendidikan dan paroki. Keempat, mencapai unit terkecil: kelompok kecil paroki dan keluarga.

Baca juga:  Alasan Pentingnya Bangun Ikatan yang Kuat dengan Tuhan

Kelima, untuk merangkul dan belajar dari berbagai tradisi ekaristi antarbudaya yang kaya “Ini bukan hanya tentang pengajaran yang baik, tetapi tentang perjumpaan dengan pribadi Yesus Kristus yang hidup,” paparnya.

Andrew mengungkapkan semua rencana tersebut sudah dibicarakan dengan para pemimpin keuskupan, paroki, teolog dan pemimpin pengijilan. “Saya dapat memberitahu Anda bahwa proposal untuk Kebangkitan Ekaristi Nasional telah disambut dengan antusiasme yang luar biasa di setiap tingkatan,” katanya.

“Dengan acara nasional ini, menjadi ziarah yang kita lakukan bersama dan menciptakan rasa bahwa seluruh negeri adalah bagian dari kebangkitan ini,” pungkasnya. (dbs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here