Ketum PGI Lantik Pengurus PGIW Jawa Timur Periode 2021-2026

0
Para pengurus PGIW Jawa Timur 2021-2026
Para pengurus PGIW Jawa Timur periode 2021-2026. (Foto-foto: Tangkapan layar)

Surabaya – Bertempat di GKI Darmo Satelit (Dasa), Ketum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Pdt. Gomar Gultom melantik badan pengurus PGIW Jawa Timur periode 2021-2026, Kamis (20/5/2021).

Turut hadir, sejumlah tamu pemerintahan maupun lintas agama. Seperti dari Keuskupan Surabaya, Gusdurian, Komunitas Lintas Agama Jawa Timur, hingga Gubernur Jawa Timur.

Dilihat dari kanal Youtube GKI Dasa, Pdt. Gomar Gultom dalam khotbahnya mengambil ayat dari Yesaya 60:1 “Bangkitlah dan Menjadi Terang lah.” Pdt. Gomar mengatakan bahwa kehidupan manusia sangat rapuh, seperti yang dirasakan oleh Nabi Yesaya dan bangsa Israel setelah mereka mengalami masa pembuangan dan harus membangun kembali Yerusalem.

“Seruan bangkit dan menjadi terang agar tidak lagi menjadi bangsa yang terlunta-lunta, tidak lagi menjadi warga negara kelas dua di pembuangan,” katanya.

Baca juga:  Dirjen Bimas Kristen RI: Tugas Gereja Bukan Hanya Meminta Umat Ikut Vaksin, Tapi Juga Mengedukasi

Pdt. Gomar menjelaskan saat ini ada beberapa tantangan yang dihadapi bangsa, seperti krisis kebangsaan dan krisis lingkungan. Sedangkan untuk gereja, saat ini juga sedang mengalami krisis yaitu krisisi keesaan.

Usai khotbah, Pdt. Gomar memanggil satu persatu pengurus MPH PGIW Jawa Timur periode 2021-2026 dan melantiknya.

Dalam sambutan, Ketum MPH PGIW Jawa Timur Pdt. Natael Hermawan menjelaskan saat ini PGIW Jawa Timur memiliki anggota sebanyak 31 gereja anggota dan 9 PGI Setempat (PGIS).

Pdt. Natael yang berasal dari Greja Kristen Jawi Wetan (GKJW) ini mengungkapkan akan menjalankan semangat oikumene. Sebab, Jawa Timur merupakan ‘Indonesia mini’ yang terdiri dari beragam agama, suku dan ras. Sehingga Kebhinekaan yang ada di Jawa Timur ini harus dirawat bersama.

“Sesama adalah sesama umat Kristen walaupun beda denominasi, sesama manusia walaupun beda suku dan ras, dan sesama ciptaan Tuhan termasuk alam semesta dan tumbuhan, itu adalah sesama kita, titik berangkat kita dalam melayani bersama di PGI Wilayah Jawa Timur”, katanya.

Baca juga:  Menkes Tinjau Vaksinasi Lansia di PGI

Sementara itu dalam sambutan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang diwakili Asisten Administrasi Umum Sekda Provinsi Jawa Timur Abimanyu Poncoatmojo berharap PGIW Jawa Timur dapat ikut menjaga keberagaman yang ada.

“Pimpinan lembaga gereja ini sebetulnya juga adalah pimpinan masyarakat, karena tujuannya juga berorientasi pada pembinaan dan edukasi kepada masyarakat. Saya berharap komunikasi pengurus PGIW dengan Provinsi Jawa Timur juga ditingkatkan dan terus dibangun sinergitas yang intens kaitannya dengan pembinaan umat. PGIW Jawa Timur adalah representasi dari gereja-gereja dari berbagai aliran gereja,” ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here