Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo: Akankah Menjadi Orang Nomor Satu Ditubuh POLRI ?

0

JAKARTA – Pada tanggal 25 Januari 2021 merupakan masa akhir jabatan Kapolri Jenderal Idham Aziz yang memasuki masa purna tugas. Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo, mengusulkan satu calon tunggal sebagai pengganti Kapolri saat ini. Calon yang dimaksud adalah Kabareskrim Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri usulan presiden Jokowi seperti dilansir beberapa media berita. Mensesneg Pratikno sudah mengajukan Surat Presiden mengenai pengajuan calon Kapolri kepada DPR pada Rabu pagi (13/01/2021), demikian berita yang dilansir dari detik.com.

Menurut berita yang dilansir dari sumber media Law-Justice di DPR, Selasa (12/01/2021), nama Listyo Sigit Prabowo, bakal diajukan Presiden Jokowi ke Komisi lll DPR pada hari Senin (11/1/2021) ini untuk diproses mengikuti Fit And Propper Test atau uji kelayakan. Proses yang bakal dijalani Sigit, menerima kunjungan anggota Komisi lll DPR ke rumah kediamannya dan melakukan wawancara dengan keluarga.

Baca juga:  Mengenal Sosok Badikenita Putri Sitepu, Ketum PIKI 2020-2025

Komjen Pol. Listyo Sigit akan melakukan proses Uji Kepatutan dan Kelayakan (Fit and Propper Test) di DPR. Ia akan diminta memaparkan program-program yang akan dilakukan setelah ditetapkan dalam sidang paripurna DPR yang kemudian dilantik Presiden sebagai Kapolri.

Jika Sigit nantinya lolos tes fit and propper tes dari DPR dan akhirnya dilantik sebagai Kapolri minggu ini. Tentunya ini menjadi sejarah tersendiri karena Kapolri yang menjabat adalah dari seorang jenderal beragama nasrani kedua yang memimpin Korps Bhayangkara.

Baca juga:  Imbauan PGI Terkait Vaksin Covid-19

Menjadi pengingat sejarah, yang pernah menjabat sebagai Kapolri yang beragama Nasrani pertama adalah Jenderal Widodo Budidarmo saat di era Presiden Soeharto. Jika hal tersebut akhirnya terwujud, diharapkan jika nantinya sudah lulus uji kepatutan dan kelayakan, kemudian dilantik, maka pejabat Kapolri yang baru dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab sesuai amanat yang diberikan oleh Pemerintah Republik Indonesia serta menjaga keamanan dan ketertiban warga negara Indonesia. (Jaya).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here