KRL Commuter : Alat Transportasi Jakarta Siap menjalankan tugas untuk Natal dan Tahun Baru 2021

0
ilustrasi : PT. KAI Commuter siap menyambut Natal dan Tahun Baru 2021. Sumber : Humas Info KAI.

JAKARTA – Transportasi Ibu Kota Jakarta saat ini sejak pemberlakuan PSBB mulai bulan maret 2020, banyak sekali penurunan jumlah penumpang akibat pembatasan sosial tersebut. KRL Commuter,adalah salah satu alat transportasi kereta api listrik dibawah PT.KAI dan swasta sudah menerapkan protokol kesehatan yang ketat sejak diberlakukannya masa PSBB pertama. Bahkan diawal April 2020, pengoperasian jadwal keberangkatan antar kota dari Bogor,Bekasi, Tangerang yang akan masuk ke Jakarta diberhentikan sementara pada waktu itu.

Situasi di Stasiun utama Jakarta Kota.

Seiring dengan masa transisi yang sedang dijalani,tentunya kebijakan dari manajemen KRL Commuter, diberlakukannya peraturan dengan ketat dan longgarnya peraturan,tidak membuat menurunnya kasus persebaran Covid 19.

Pemerintah pusat melihat dengan kenaikkan kasus covid 19, mengeluarkan keputusan untuk setiap warga yang ingin masuk ibukota, melakukan swab test antigen atau membawa hasil rapid test covid.

Pemberlakuan peraturan ini pada hari Jumat (18/12/2020), membuat masyarakat menjadi lebih antisipasi dalam memakai Transportasi darat,laut dan udara. Commuter Line melihat keputusan pemerintah ini, sudah mempersiapkan semuanya.

Kepada media yang dikonfirmasi di stasiun Jakarta kota dan Juanda sebagai kantor pusat KAI Commuter dan operator KRL Commuter Jabodetabek melakukan sejumlah penyesuian layanan dan operasional pada masa Angkutan Natal dan Tahun Baru, 18 Desember 2020 – 8 Januari 2021. Penyesuaian ini guna mendukung untuk mengendalikan penyebaran virus Covid-19 dengan tetap melayani kebutuhan mobilitas esensial dari masyarakat.

BACA JUGA  PGI Mengajak Warga Gereja untuk Membantu Korban Bencana NTT

Menurut info yang dilansir oleh KAI, sesuai arahan dari pemerintah dan khususnya di wilayah DKI Jakarta merujuk pada Instruksi Gubernur DKI Jakarta nomor 64 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pengendalian Kegiatan Masyarakat dalam Pencegahan Covid-19 di masa libur Hari Raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 serta aturan teknisnya dalam Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Nomor 219 tahun 2020, maka KAI Commuter melakukan sejumlah penyesuaian layanan dan operasional.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada malam pergantian tahun nanti, KAI Commuter juga tidak akan mengoperasikan kereta tambahan malam tahun baru untuk menghambat penyebaran virus covid-19. Pada pergantian tersebut, KAI Commuter tetap beroperasi hanya sampai pukul 22.00 WIB

Selama masa angkutan Natal dan Tahun baru kali ini, protokol kesehatan dan aturan tambahan dalam menggunakan KRL tetap berlaku. Protokol kesehatan 3M juga senantiasa wajib dijalankan oleh para pengguna maupun petugas di stasiun maupun di dalan KRL. KAI Commuter telah memasang wastafel tambahan di 80 stasiun yang melayani KRL untuk memudahkan pengguna mencuci tangan sebelum dan sesudah naik KRL. Selain itu, seluruh rangkaian kereta setiap harinya dicuci dan disemprot cairan disinfektan usai beroperasi.

BACA JUGA  PGI Berikan Apresiasi Penundaan RUU Haluan Idelogi Pancasila
Secara berkala melakukan penyemprotan Disinfektan. Sumber : Humas Info KAI

“Kami mengajak masyarakat khususnya pengguna KRL untuk mengikuti imbauan dari pemerintah untuk beraktifitas seperlunya dan tidak mengikuti kerumunan pada masa libur Natal dan Tahun Baru ini. Dengan penyesuaian jam operasional KRL mengikuti aturan yang berlaku, para pengguna kami ajak merencanakan perjalanan dengan baik dan keluar rumah hanya untuk kebutuhan yang benar-benar mendesak. Mari bersama-sama kita disiplin mengikuti protokol kesehatan untuk menghambat penyebaran protokol Covid-19,” ujar Direktur Utama KAI Commuter Wiwik Widayanti.

Selain protokol kesehatan, menghadapi masa angkutan Natal dan Tahun Baru ini KAI Commuter menyiapkan 28 loket portabel yang tersebar di 13 stasiun. Fasilitas tambahan juga ada untuk pengguna KRL yang disiapkan KAI Commuterline.

Salah satu fasilitas untuk tiket secara elektronik yang disediakan oleh KAI Commuter.Sumber Humas Info KAI.

Diharapkan dengan pemberlakuan ini, commuter Line bisa menekan persebaran Covid 19 dan mencegah terbentuknya cluster baru dari salah satu alat transportasi yang banyak diminati oleh masyarakat Jabodetabek. (Jaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here