Langkah-langkah Ganti Nomor WhatsApp Tanpa Hapus Akun

0
Ilustrasi-Cara mengganti nomor untuk akun WA. Ikuti langkah-langkah yang ada, selamat mencoba.

Jakarta – Handphone atau telepon genggam menjadi salah satu benda yang bagi mayoritas penggunanya sebagai benda yang tidak bisa jauh darinya. Bahkan setelah ditelusuri setiap orang pengguna memiliki minimal 2 telepon genggam, dengan nomor handphone minimal 3 dari berbagai provider.

Memiliki nomor handphone lebh dari satu, membuat leluasa pengguna telepon genggam untuk mengganti-ganti nomor dalam penggunaan Whatsapp (WA). Tetapi banyak pengguna yang ingin mengganti nomor WA tanpa ganti akun, kuatir atau bertanya-tanya.  Pertanyaannya, diantaranya, apa yang akan terjadi?

Pertama, bila mengganti nomor WA tanpa menghapus akun, otomatis akan terlihat dalam grup yang diikuti pengguna. Tetapi tidak menyebabkan keluar dari grup. Kedua, orang lain sudah tidak dapat mengirim (tidak terkirim) via WA ke nomor lama.

Tiga, tidak akan berpengaruh bila pengguna sebagai admin dari grup-grup WA. Tetap pengguna menjadi admin grup. Empat, semua file percakapan termasuk file yang sudah dikirim dan diterima akan tetap tersimpan.

Kelima, nomor kontak yang tersimpan juga tidak akan hilang karena aplikasi WA akan menjaga data dari kontak telepon sehingga semua akan sama. Berbeda hasilnya kalau pengguna mengganti handphone. 

Keenam, teman-teman yang ada di kontak tidak akan tahu pengguna sudah mengganti nomor. Terkecuali teman-teman yang ada dalam satu grup WA pengguna. Karena ketika pengguna mengganti nomor otomatis muncul pemberitahuan dalam grup bahwa pengguna telah mengubah nomor. Bagi teman – teman kontak yang tidak tergabung dalam grup, maka tidak akan tahu. Kecuali saat pengguna mengganti nomor, memilih opsi “beri tahukan kontak saya”.

Baca juga:  JPCC Worship Online Worship Night “Kau Ada”, Lebih dari 11 Ribu Orang Menyembah Tuhan Bersama

Pertanyaan lain, apakah mengganti nomor WA akan menghapus kontak? Tidak. Masihkah, pengguna yang memiliki keinginan untuk mengganti nomor dalam akun WA tanpa ganti akun? Kalau masih, maka perlu diketahui dan melakukan hal – hal sebagai berikut sebelum menggantinya.

Hal – hal yang mesti dilakukan, diantaranya, pastikan nomor telepon baru bisa terima SMS atau panggilan, serta punya koneksi data internet yang aktif. Dan, nomor telepon lama (saat ini) sudah terverifikasi di WA pada telepon yang sama. Untuk mengetahui, buka WhatsApp » Icon Titik Tiga » Setelan lalu tekan Foto Profil.

Sebagai bentuk antisipasi, sebelum mengganti nomor WA, cadangkan akun WA terlebih dahulu agar percakapan dan beragam file didalamnya masih bisa diakses. 

Langkah yang harus ditempuh bila mengganti nomor WA tanpa menghapus akun agar tidak terhapusnya percakapan ataupun kehilangan kontak dengan pengguna WA lainnya di nomor yang lama. 

Cara mengganti nomor WA di Android tanpa menghapus akun, buka WA di smartphone android, tap logo titik tiga yang berada di kanan atas layar, pilih menu setting atau setelan. Selanjutnya, pilih akun dan tap opsi ganti nomor. Masukkan nomor lama di kolom bagian atas dan nomor baru di kolom bagian bawah. Jika sudah klik Lanjut.

Baca juga:  “Perang” Melawan Covid-19, Lakukan Protokol Kesehatan dan Segera Vaksin

Akan ada pilihan apakah pengguna ingin memberitahu kontak bahwa telah mengganti nomor WA baru atau tidak. Jika ingin semua orang tahu nomor baru atau hanya orang-orang tertentu saja, geser pada bagian “beri tahu kontak“.

Di situ ada tiga pilihan, mau pilih  semua kontak atau yang lainnya, terserah pengguna. Setelah itu diminta untukverifikasi ke nomor baru. Kode verifikasi akan dikirimkan melalui SMS. Masukkan kode tersebut ke kolom verifikasi.

Bila berhasil pergantian nomor WA akan muncul notifikasi dan pengguna sudah bisa menggunakan kembali dengan nomor baru.

Bagaimana dengan pengguna iphone, ipad iOS?  Sama seperti android, buka aplikasi WA yang sudah ada di ponsel iPhone atau iPad pengguna, masuklah ke menu Setting atau Pengaturan. Lalu ke menu Settings di pojok kanan bawah, pilih dan tap menu Account, kemudian pilih opsi Change Number.

Setelah itu, akan tampil keterangan sebelum ganti nomor. Baca dan pahami baik-baik, baru “maju” tekan tombol Next di pojok kanan atas. Lalu akan diperintahkan untuk mengisi semua nomor WA pengguna mulai dari nomor WA lama dan nomor WA baru, lanjutkan dengan menekan tombol Next.

Tahap akhir, akan mendapatkan fitur Notify Contacts. Ada pilihan di situ, pengguna dapat menginformasikan ke semua atau beberapa kontak WA bahwa sudah terjadi pergantian nomor dan di akun WA. 

Bila sudah menyelesaikan pilihan itu, akan ada proses verifikasi nomor WA yang baru. Dan sukses sudah pergantian nomor untuk akun WA. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here