Lembaga Keumatan Kristen Berikan Kekuatan pada Keluarga Menkumham Yasonna Laoly

0
Para pimpinan dari lembaga keumatan Kristen, seperti PGI, PIKI, GAMKI

Jakarta – Istri Menkumham Yasonna Laoly, Elisye W Ketaren meninggal dunia pada Kamis (10/6/2021) pukul 15.25 WIB di Rumah Sakit (RS) Medistra Gatot Soebroto, Jakarta Selatan. Jenazah disemayamkan di Rumah Duka Sentosa RSPAD Gatot Soebroto. Rencananya almarhum Elisye akan dimakamkan pada 12 Juni nanti di San Diego Hills.

Jumat (11/6/2021) Sekum PGI Pdt. Jacky Manuputty memimpin ibadah penghiburan. Dalam jadwal pelayanan Lembaga Keumatan Kristen, diantaranya Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI), Persatuan Intelegensia Kristen Indonesia (PIKI), dan PNPS, serta YKI.

Dalam khotbahnya Pdt. Jacky menjelaskan bahwa tangisan adalah sebuah media yang mengkomunikasikan maksud hati seseorang yang paling dalam. Seperti kisah kesedihan yang dialami Maria ketika Lazarus meninggal.

Baca juga:  1.618 Orang Berhasil Divaksin PGI dan Kementerian Kesehatan

“Dalam Yohanes 11, ketika Maria melihat Yesus menangislah ia bersama orang-orang Yahudi yang datang bersama dia. (Melihat hal tersebut) Yesus juga ikut menangis (Yohanes 11:33), Dia ikut mengambil bagian dalam kesedihan itu,” katanya.

Pdt. Jacky mengatakan Yesus mengajarkan pada umat bahwa kematian bukanlah sebagai sebuah hal yang menakutkan. Meskipun kematian pasti menimbulkan kesedihan bagi orang yang ditinggalkan. “Tentu kondisi saat ini bagi bang Yasonna Laoly dan keluarga berat. Ini seperti Maria, kita jadi bersedih, menangis, juga seolah-olah kita merasa dunia tidak menjadi adil kepada kita. Tapi ada juga yang sadar bahwa kedukaan ini berada dalam pelukan kasih Allah,” tuturnya.

Baca juga:  Melihat Cara Sinode GPM dan GKST Mengurai Kemiskinan

Yesus, kata Pdt. Jacky telah masuk sedalam-dalamnya sampai pada dasar kematian untuk mengangkat umat keluar sebagai pemenang. Harapannya, hal tersebut bisa menjadi kekuatan, sehingga peristiwa kematian tidak berlebih bila dikatakan sebagai perayaan untuk kehidupan yang akan dimasuki dalam cinta Kasih Kristus.

“Tuhan kiranya menguatkan bang Laoly dan keluarga besar untuk senantiasa meyakini dan merayakan kehidupan dengan selalu terarah kepada Kristus sang hidup,” pungkasnya.

Sore itu, tampak hadir Ketum PGI Pdt. Gomar Gultom, Ketum PIKI 2020-2025 Badikenita Putri Sitepu, Sekjen PIKI 2020-2025 Audy Wuisang, Ketum PIKI 2015-2020 Bakti Nendra Prawiro dan lain-lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here