Mau Tahu Bentuk Roh Kudus? Lihat Bunga Ini

0
Anggrek Roh Kudus
Anggrek Peristeria atau sering disebut Anggrek Roh Kudus. (Foto: Istimewa)

Jakarta – Rasanya semua orang mengetahui bunga anggrek. Namun sudah tahukah Anda dengan Anggrek Peristeria? Bunga ini sedikit berbeda dengan anggrek pada umumnya karena bunga yang berwarna putih nan indah ini memiliki bentuk menyerupai burung merpati.

Dikarenakan bentuknya menyerupai burung merpati, anggrek ini juga sering disebut sebagai anggrek Roh Kudus. Apabila sebelum mekar, anggrek Roh Kudus akan terlihat seperti biksu yang sedang berdoa.

Dilansir dari Christian, anggrek Roh Kudus merupakan bunga nasional Panama yang tumbuh di hutan hujan lembab di Amerika Tengah dan Selatan. Biasanya anggrek Roh Kudus tumbuh diantara bulan Juli-Oktober dan memiliki wangi mirip aroma bir.

Dari informasi, anggrek Roh Kudus ditemukan oleh William J Hooker. Nama “peristeria” berasal dari kata Yunani yang berarti merpati karena bentuknya yang memang menyerupai burung merpati ketika mekar. Anggrek peristeria pertama kali dikirim ke Inggris tahun 1826 dan baru berbunga tahun 1831.

BACA JUGA  Steven Setia Budi Musa (DPRD DKI Jakarta Komisi B dari Fraksi PDI Perjuangan). “HARUS DISIPLIN! COVID-19 JANGAN ANGGAP ENTENG”

Hanya saja bila ingin memelihara anggrek Roh Kudus ini, Anda perlu memperlakukannya secara khusus. Sebab, anggrek Roh Kudus ini sensitif terhadap cahaya dan cuaca. Tanaman ini hanya boleh ditanam di tempat yang tidak terkena matahari secara langsung dan harus ditanam dengan suhu 15-21 derajat.

Ketika baru ditanam, anggrek Roh Kudus harus sering disiram dan bisa juga ditambahkan pupuk. Dan yang perlu diingat adalah akarnya tidak boleh dibiarkan kering dalam waktu lama. Kemudian ketika mekar, dibutuhkan pot terbuka kering yang berisi lumur gambut, serpihan cocoa kering dan serpihan pakis kering dalam jumlah sedang.

BACA JUGA  Pdt. Tony Mulia, Gerakan 24/40 Terinspirasi dari GBI Victorious Family

Namun, satu hal yang perlu diingat adalah Roh Kudus sebenarnya tidak ada hubungannya dengan bunga ini. Bunga ini disebut sebagai anggrek Roh Kudus karena ketika mekar, bunga yang berwarna putih ini memiliki bentuk menyerupai burung merpati. Di mana dalam Kristen, burung merpati adalah lambang kesucian dan kelemah-lembutan (Matius 10:16) dan bentuk burung merpati dalam peristiwa ini melambangkan bahwa Roh yang turun ke atas Yesus adalah roh yang suci dan tanpa cela.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here