Memperingati Holocaust Internasional Day: Jangan Lupakan Hari Tragedi Kemanusian bagi Orang Yahudi

0
Foto : Rabbi Menachem Margolin, Ketua Asosiasi Yahudi Eropa (EJA). Sumber : Facebook.

JERUSALEM– Hari ini, pada tahun 1945, tepat tujuh puluh enam tahun lalu, terjadi peristiwa pelanggaran kemanusiaan yang dilakukukan oleh Kekuasaan Nazi Jerman dengan membunuh ratusan orang yahudi di kamp kematian Auschwitz yang terkenal kejam, yang disebut peristiwa Holocaust. Orang Yahudi Eropa dikala itu mengalami gelombang anti-Semitisme. Setiap tahun warga Yahudi di Eropa dan di seluruh dunia memperingati akan tragedi kemanusian tersebut. Namun, untuk peringatan tahun ini, warga yahudi bukan hanya mengalami anti semitisme lagi, tapi menghadapi pandemi COVID-19 yang juga dikhawatirkan seluruh dunia. Kekhawatiran tersebut dicatat sebagai salah satu pergumulan sebelum Hari Peringatan Holocaust Internasional pada hari Rabu (27/01/2021) waktu setempat seperti dilansir CBN News.

Rabbi Menachem Margolin, Ketua Asosiasi Yahudi Eropa (EJA), mengatakan bahwa dimasa saat ini orang hampir lupa akan peristiwa tragedy kemanusiaan ini. “Di masa meningkatnya antisemitisme, meningkatnya polarisasi dan intoleransi terhadap orang lain, pelajaran tentang Holocaust jarang menjadi lebih mendesak atau penting,” kata Rabbi Menachem Margolin melalui rekaman video media facebook maximilliam Marco Katz (https://www.facebook.com/1000958546/videos/10217853100011434/
Margolin mengatakan meskipun terjadi pandemi, penting untuk memperingati hari Holocaust Internasional. “Ada beberapa hari yang melampaui masa krisis politik atau kesehatan, yang bisa juga menjadi pelajaran dari melihat masa lalu. Peristiwa tersebut sangat penting dan jangan dilewatkan atau diabaikan bagaimanapun situasi sekarang ini. Hari Peringatan Holocaust Internasional adalah hari penting,” kata Margolin dalam sebuah pernyataan.

BACA JUGA  Para Ahli di Indonesia Menemukan Titik Terang Obat untuk Kesembuhan Pasien Covid-19

Tahun lalu menjelang peringatan 75 tahun pembebasan Auschwitz, Asosiasi Yahudi Eropa (EJA) bekerja sama dengan Liga Aksi dan Perlindungan Eropa dalam simposium yang mengundang sekitar 100 menteri Pendidikan dan anggota parlemen Eropa dalam ‘Delegasi ke Auschwitz’ untuk memperingati hari holocaust internasional. Namun tahun ini berbeda.

Kelompok advokasi Yahudi, yang berbasis di Brussel, Belgia mengadakan peringatan hari bersejarah ini dengan menggunakan aplikasi ZOOM untuk menghormati para korban yahudi yang tewas dalam Holocaust. Para pejabat yang diundang ke acara tersebut termasuk para Komisaris Uni Eropa, menteri pemerintah dan anggota parlemen serta para pemimpin Yahudi dari seluruh Eropa. Mereka juga akan berbagi gagasan tentang cara terbaik untuk memberantas anti-Semitisme serta meningkatnya tantangan yang ditimbulkan oleh hukum yang berdampak pada kehidupan dan praktik anti-Yahudi.

BACA JUGA  Pembagian Bantuan Sembako Kepada Warga Terdampak Covid -19 di Perbatasan Sukapura – Cakung dan Para Guru PAK non PNS.

Peringatan itu terbuka untuk umum.
“Kami bertekad, meskipun tidak dapat bertemu dengan cara biasa, di acara-acara publik, di sinagoge dan di parlemen nasional, bahwa peringatan tidak hanya diperlukan, tetapi mengingat meningkatnya polarisasi di masyarakat, intoleransi terhadap orang lain dan kebangkitan yang jelas. dalam antisemitisme bahwa pandemi telah memperburuk, tetapi sebenarnya juga vital, ”kata Margolin diakhir pidatonya. (Jaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here