Menag Ajak Pemuda Gunakan Medsos untuk Menyebarkan Moderasi Beragama

0
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Foto: Istimewa)

Palangka Raya – Moderasi beragama senantisa digaungkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Moderasi beragama adalah sikap teguh memegang nilai agama sekaligus menghormati orang yang berbeda agama.

“Dalam konteks kehidupan berbangsa, anak muda harus terlibat langsung dalam menyebarkan nilai-nilai moderasi beragama,” ajak Gus Yaqut dalam sambutan secara daring saat membuka Sekolah Kader Lewu Harati yang diselenggarakan Forum Pemuda Kalimantan Tengah (Forpeka), Jumat (12/3/2021).

Gus Yaqut menjelaskan, nilai moderasi beragama bisa disebar luaskan melalui media sosial lewat konten yang kreatif 

Baca juga:  Paroki Santo Yosep Ohoijong Menerima Yelim dari GPM Anugerah Ohoijang

“Pemuda harus mampu memanfaatkan medsos untuk menyebarkan moderasi beragama, memanfaatkan forum-forum dan menginisiasi serta berpartisipasi dalam memaksimalkan perkembangan teknologi guna menyebarkan nilai-nilai beragama,” jelasnya. 

Selain medsos, moderasi beragama juga bisa disebarkan melalui beragam aktivitas di forum sosial maupun lintas iman. “Pemuda harus selalu meyakini kebenaran agama yang dianutnya dengan tetap menjunjung tinggi rasa menghormati dan menghargai agama lain,” katanya.

Ketua Dewa Pembina Forpeka, Teras Narang berharap Sekolah Kader Lewu Harati dapat memunculkan pemuda Kalteng yang kritis dan konstruktif. Juga pemuda yang berpegang pada konstitusi dalam upaya mensejahterakan masyarakat dan memajukan perkembangan daerah.

Baca juga:  Menteri Agama Imbauan Peringati Imlek dengan Patuhi Protokol Kesehatan

Di sisi lain, Ketua Forpeka Novia Adventy Juran menjelaskan acara Sekolah Kader Lewu Harati diselenggarakan mulai tanggal 12 Maret-9 April 2021. Adapun peserta yang mengikutinya hanya 30 pemuda dari berbagai kabupaten kota di Kalteng. Mereka adalah pemuda yang berhasil lolos seleksi dari 150 orang yang mendaftar. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here