Menkes Tinjau Vaksinasi Lansia di PGI

0
Vaksinasi lansia di PGI
Menkes Budi Gunadi ketika berbincang dengan MPH-PGI. (Foto-foto: Istimewa)

Jakarta – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi meninjau vaksinasi untuk lansia di lantai 2, Grha Oikumene, PGI, Salemba. Ia mengucapkan terima kasih kepada PGI atas kerjasamanya sehingga vaksinasi untuk lansia bisa berjalan.

“Tidak mungkin kita melaksanakannya hanya dalam bentuk program, tetapi harus membangun bersama seluruh komponen bangsa. Sebab itu kami berharap dapat disampaikan ke seluruh anggota PGI sehingga seluruh jemaatnya yang lansia bisa segera divaksinasi,” katanya, Kamis (4/3/2021).

Ia juga mengajak para tokoh agama untuk membantu pemerintah dalam menyosialisasikan perilaku hidup sehat di era new normal. Diantaranya untuk menggunakan masker, jaga jarak, cuci tangan dan lainnya. 

Baca juga:  Kehidupan Bergereja Bergeser dalam Kebiasaan Baru

“Jadi itulah sebabnya Kemenkes RI pendekatan ke lembaga-lembaga keagamaan karena merekalah yang dapat menggerakan perubahan perilaku, termasuk untuk mau divaksin. Kami meminta pada PGI, sebelumnya pada KWI dan tokoh-tokoh pemuka agama untuk membantu pemerintah dalam menyebarkan proses vaksinasi, khususnya bagi lansia dan warganya,” ungkapnya.

Ketua Umum (Ketum) PGI Pdt. Gomar Gultom berterima kasih kepada Kemenkes yang telah memberikan kepercayaan kepada PGI untuk melaksanakan program vaksinasi. 

“Bagi kami di PGI demikian pula gereja-gereja di seluruh Indonesia melihat vaksin ini merupakan panggilan iman kita untuk mensukseskannya karena di tengah ketidakpastian kapan pandemi ini akan berakhir, dan salah satu hasil dari vaksinasi ini adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Sebab itu, segala upaya untuk menghentikan penyebarannya harus didukung dan diupayakan,” katanya.

Baca juga:  Pdt. SAE Nababan “Dilepas” PGI dari Grha Oikumene

Pdt. Gomar mengungkapkan dalam proses vaksinasi hari ini PGI turut melibatkan tenaga kesehatan dari RS PGI Cikini, RS FK UKI, dan Persekutuan Dokter GBI. Kedepan, rencananya juga akan dilaksanakan bersama dengan GKI Pondok Indah, dan JPCC.

Untuk diketahui, sekitar 300 lansia dan rohaniwan mengikuti vaksinasi kerjasama antara Kemenkes RI dan PGI ini. Sambil meninjau, Menkes Budi Gunadi juga berdialog dengan peserta didampingi MPH-PGI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here