Menko Muhadjir Effendy Bicara Pendidikan Jarak Jauh dalam Webinar UT

0
Ilustrasi : Menko PMK Muhadjir Effendy saat menjadi pembicara dalam Webinar UT (foto : dok antara)

Jakarta – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy berkata hendaknya pelaksanaan pendidikan jarak jauh (PJJ) atau daring dapat juga dikembangkan dengan belajar di lingkungan.

“Solusi PJJ ini, mahasiswa harus mampu mengembangkan kelompok belajar kecil di lingkungannya masing-masing. Kelompok belajar secara virtual ini bertujuan untuk mengasah pikirannya dan juga tukar – menukar pengetahuan yang dimilikinya,” ujar Muhadjir dalam webinar Universitas Terbuka (UT) Hong Kong dengan tema “Memaknai Peran Mahasiswa UT Luar Negeri dalam Kampus Merdeka” seperti dilansir dari laman web resmi ANTARA.

Baca juga:  Jalan Malioboro : Para Pedagang Berjuang ditengah pandemi

“Mereka (mahasiswa di Tanah Air) tidak memiliki bahan belajar, sementara kalian memiliki bahan belajar, seperti pengalaman kerja di luar negeri,” katanya.

Effendy menceriterakan sebagian besar pekerja migran Indonesia (PMI) merupakan mahasiswa dari UT (Hong Kong).  “Cobalah membuat mimpi, nanti setelah belajar UT mau memberikan apa? peranannya apa? Perencanaan itu yang tidak bisa diberikan kampus konvensional. Untuk itu, anda semua harus memiliki perencanaan diri,” ujarnya.

Baca juga:  Dukungan GAMKI Terhadap Vaksinasi Covid-19

Effendy mencetuskan akibat pandemi Covid-19 dalam pelaksanaan PJJ sangat berdampak terhadap siswa maupun mahasiswa dalam pendidikan, yang diakibatkan wilayah di Tanah Air tidak memiliki akses dan jaringan internet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here