Natal MORE Marketplace Indonesia : Menjadi Sinar dan Terang ditengah pandemi

0
ilustrasi : natal marketplace 2020 yang diselenggarakan oleh MORE Ministry Indonesia

JAKARTA-Ditengah Pandemi yang melanda dunia, segala aspek kehidupan masyarakat menerima efek negative akibat pandemic covid 19 ini. Semua aspek kehidupan termasuk aspek ekonomi sangat terpukul akibat berkurangnya aktivitas perekonomian akibat pembatasan social individu satu dengan lainnya. Dunia MarketPlace salah satu yang mengalami dampak yang sangat luar biasa.  Meningkatnya angka kemerosotan ekonomi sehingga banyak pelaku usaha yang harus gulung tikar dan pemutusan hubungan kerja atau PHK diberbagai perusahaan, menjadi lembaran hitam bagi dunia usaha atau marketplace di Indonesia.

Ditengah kegelapan yang melanda, tentunya ketika para pelaku usaha kembali berbalik dan mengandalkan Tuhan, tentunya aka nada secercah sinar yang bisa menyinari kegelapan tersebut. Bersinar dalam kegelapan dalam dunia usaha atau marketplace, adalah wujud dari pernyertaan bahwa masih ada Tuhan yang sanggup menolong mereka yang mengandalkan Tuhan dalam dunia usaha.

Acara Perayaan Natal Daring More Ministry Indonesia. Sumber : Youtube chanel More Revival.

“Glowing in the Dark” atau “Bersinar dalam gelap” adalah tema yang diambil dalam acara natal bersama secara daring Marketplace Christmas 2020 yang diselenggarakan oleh MORE (Messenger Of Revival) Marketplace Indonesia. Acara yang diadakan pada hari Sabtu (19/12/2020) pukul 19.00 WIB yang disiarkan secara langsung melalui YouTube Chanel MORE REVIVAL  ini menampilklan perayaan natal yang dilakukan dimasa pandemi seperti saat ini.

Acara yang dipandu sebagai MC Debora Dian sebelum memulai perayaan Natal, mengajak para peserta Natal secara Daring mengawali dengan doa pembuka yang dipimpin oleh Pdt. Paul Widjaja . Setelah doa pembukaan selesai, acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Kebangsaan “Indonesia Raya” bersama-sama.

Baca juga:  Presiden Joko Widodo Pastikan Vaksin Covid-19 Gratis
Dirjen Bimas Kristen Prof. Dr. Thomas Pentury, M.Si.,Sumber : YouTube More Revival.

Dalam perayaan Natal Marketplace 2020 Dirjen Bimas Kristen Prof. Dr. Thomas Pentury, M.Si., menyampaikan bahwa umat Kristiani harus menjadi terang bagi dunia. Menurutnya, masa pandemi ini merupakan cobaan besar bagi setiap masayarakat. Menjadi tantangan bagi masyarakat khsusnya umat Kristen harus bangkit dan jangan terpuruk.  “Bahwa covid pandemic 19 adalah tantangan dan tantangan itu adalah kegelapan. Kekristenan di Indonesia dihadapkan untuk terus memberikan sinar terang bagi indonesia bahkan diseluruh dunia,” ujar Thomas Pentury

Sekretaris Umum Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) Pdt Jacklevyn Frits Manuputty. Sumber : Youtube MORE Revival.

Kata sambutan juga dikemukakan oleh Pdt Jacklevyn Frits Manuputty yang menjabat sebagai Sekretaris Umum Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI). Ia mengatakan bahwa  Natal hadir di dunia sebagai bentuk Tuhan beserta kita atau Imanuel. “ Allah hadir  diantara kita Dia yang dinamakan Imanuel,” ujarnya.

Firman Tuhan yang mengambil tema ”Glowing in The Dark” (bersinar dalam gelap) disampaikan oleh Pdt. Julian Foe sebagai Kordinator Kingdom Bussiness mengabil dari ayat Lukas 11:37-46.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Kabinet Indonesia Maju  Let.Jen (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan. Sumber : YouTube MORE Revival.

Setelah Firman Tuhan disampaikan, acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Kabinet Indonesia Maju  Let.Jen (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan. Luhut Binsar menyampaiakan bahwa protocol Kesehatan harus tetap diterapkan agar aman. “Saya memberi pesan juga kepada gereja kalau boleh dalam kotbah-kotbahnya disisipkan mengenai rasa cinta tanah air, membina persatuan kesatuan dan diwujudkan dengan menjalankan protokol kesehatan”ujarnya.

Baca juga:  Membuka Sidang MPL PGI, Jokowi Ajak Umat Kristen Bantu Pemerintah
Pdt. Jacobus S. Wibowo selaku koordinator MORE Ministry Indonesia. Sumber: YouTube MORE Revival.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pujian penyembahan dan ragam kesaksian lainnya. Pdt. Jacobus S. Wibowo selaku koordinator MORE Ministry Indonesia memaparkan prinsip penting supaya umat dapat bangkit dan menjadi terang bahkan ditengah dunia  yang sedang mengalami kegelapan ditengah pandemi covid 19. “Yang pertama umat dapat menyadiri bahwa kita terpanggil menjadi terang (Matius 5:16), yang kedua Hidup didalm terang (1 Yoh:5b), dan yang ketiga Bercahaya semakin terang (amsal4: 18),” paparnya.

Setelah pemaparan tersebut, acara dilanjutkan dengan candle light service, tetapi walaupun secara virtual melalui zoom, prosesi dilakukan ditempat masing-masing yang dipimpin oleh Pdt. Jacobus S. Wibowo  selaku Kordinator. Hadir dalam prosesi tersebut antara lain Tomy Lim dari KBC, Tonny Soetjoadi dari ICCC, Rudiyanto Jap dari Natioanl Executive Vice President, Iman Santoso dari TCI, Tan Anthony Taniharto dari Ketua Umum Perhimpunan Perduki, Pro.Dr.Thomas Pentury, M.Si dari Dirjen Bimas Kristen, dan DR. Denny W.M. Tuiwa, SE.MA.

Peserta Acara Natal Daring Marketplace 2020. Sumber : YouTube MORE Revival.

Setelah Candle Light service secara daring, acara dilanjutkan dengan doa syafaat yang dibawakan  Tan Anthony Taniharto sebagai Ketua Umum Perhimpunan Perduki dan dilanjutkan oleh Pdt. Iman Santoso  selaku dari TCI. Doa Berkat dan penutup dipimpin oleh Bpk. Jansen Manansang selaku CEO Taman Safari Indonesia. Melalui acara natal ini, menjadi penyemangat kita bahwa para pelaku marketplace di tanah air yang cinta dan mengandalkan Tuhan, harus menjadi sinar dan terang ditengah kegelapan situasi yang terjadi saat ini melanda akibat dari pandemic covid 19. (Jaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here