Nikmatnya Beragam Kuliner Khas Betawi di Warung Mak Dower

0
Warung Mak Dower
Beragam menu favorit di Warung Mak Dower

Jakarta – Mau makan kuliner khas Betawi di Jakarta memang gampang-gampang susah, tidak banyak warung makan atau restoran yang menyediakannya. Tapi jangan khawatir, di kawasan Rawamangun ada Warung Mak Dower yang menjual beragam menu khas Betawi.

Bila datang ke Warung Mak Dower, suasana khas rumah Betawi langsung terasa. Ada jendela kayu, ceret enamel sampai lampu minyak jadul. Soal gaya makan, pengunjung bisa memilih mau duduk atau lesehan atau mau di ruangan non AC atau AC. Tidak lupa, di bagian depan juga terdapat wastafel untuk cuci tangan sebagai salah syarat protokol kesehatan dimasa pandemi Covid-19.

“Ini supaya menimbulkan image bahwa makanan betawi yang sederhana, artinya menampilkan sesuatu tanpa berlebihan. Jadi supaya orang yang kesini tahu bahwa Betawi atau orang Jakarta itu ramah,” ungkap pemilik Warung Mak Dower, Wandy Tan.

Wandy menjelaskan, sejak berdiri tahun 2014 Warung Mak Dower ingin memperkenalkan kuliner khas Betawi yang kaya rasa rempah kepada masyarakat luas, khususnya kepada para anak muda.

“Cita rasa dari khas betawinya adalah khas peranakan yang sudah dipengaruhi beragam budaya dan rasa. Keunggulan dari Warung Mak Dower adalah masakannya memiliki bumbu dan rempah yang cukup banyak, bukan penyedap rasa,” kata Wandy.

Baca juga:  Natal MUKI DPW DKI Jakarta : "Kerjakanlah Selagi Hari Masih Siang"

Dari pengalamannya, respon positif diberikan para tokoh masyarakat Betawi hingga para pesohor terkait rasa yang ditawarkan Warung Mak Dower. “Guruh Soekarnoputra, Saskia Gotik, Musdalifah sudah kesini. Bahkan Rossa sering pesan catering, Yuni Shara, Krisdayanti juga sama,” ceritanya.

Soal nama Mak Dower, nama tersebut sengaja dipilih supaya unik dan mudah diingat orang, sebab Betawi identik sesuatu yang unik (menarik).

Wandy bersyukur Warung Mak Dower memiliki pelanggan yang loyal. Meskipun sempat mengalami penurunan di awal pandemi, tapi pelanggan tetap memesan melalui online sehingga membuat Warung Mak Dower bisa tetap ada hingga kini.

Bicara soal makanan, ada puluhan menu yang ditawarkan dengan range harga mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 65 ribu. Sedangkan yang favorit di Warung Mak Dower seperti Pecak Bandeng, Gabus Pucung, Tulang Jambal Sewot dan Soto Betawi.

Saat ikut mencoba menu favorit di Warung Mak Dower, cita rasa sambal pecak dari menu Pecak Bandeng yang terdiri dari potongan tomat, irisan bawang merah, cabai, kencur, dan jahe begitu segar. Begitu juga dengan Gabus Pucung, rasa kuahnya asin, gurih dan segar, dengan kuah hitam pekat karena berasal dari pucung atau kluwek.

Baca juga:  Gereja Dibakar di Sulawesi Tengah, Ketua Umum PGI Minta Aparat Tuntaskan Sisa-sisa Kombatan Teroris

Selain itu, Soto Betawinya memiliki rasa yang khas dengan isi potongan daging yang besar, ditambah emping dan disiram kuah santan serta susu yang kental. Tulang Jambal Sewot pun sama, rasa asin yang dipadukan dengan pedasnya sambal bener-benar bikin nampol.

Juga ada Pete Bawang. Bawang gorengnya renyah dengan rasa sedikit asin yang dicampur dengan potongan pete yang berlimpah. Sayur asemnya juga memiliki rasa yang “Betawi banget” karena dominan dengan rasa asam pedas serta segar.

Begitupun dengan minuman khas Betawi. Perpaduan rempah yang wangi, pedas dan manis dengan rasa khas dari beberapa rempah lainnya dalam Bir Pletok mampu menjadi pelepas dahaga selepas menyantap berbagai makanan.

Tertarik? Cepetan deh Encang encing, Nyak babe, Mpok, Abang meluncur ke Warung Mak Dower yang memiliki tagline “Sambelnya Pedas, Rasanya Bikin Sewot!.”. Atau bisa langsung pesan melalui aplikasi pesan makanan online, tinggal ketik saja “Warung Mak Dower.”

Warung Mak Dower
Jl. Pemuda No. 72 Rawamangun
Jakarta Timur
Telepon : (021) 22868623
Jam buka : 10.00-22.00 WIB dan 11.00-21.30 (khusus bulan puasa)

Selengkapnya simak video di bawah ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here