Pasangan Sesama Jenis di Jepang Minta Dilegalkan, Pemerintah Tolak

0
Ilustrasi: Pendemo yang menuntut legalitas pernikahan sejenis di Jepang (Foto: dok bbc.com)

Jakarta – Jepang salah satu negara maju yang tidak membenarkan atau memberikan izin pernikahan sesama jenis. Kebijakan pemerintah Jepang itu membuat sekelompok pasangan sesama jenis menuntut pemerintah untuk ganti rugi atas penderitaan mental yang dialami. Tuntutan ini tidak diungkapkan secara basa – basi tetapi benar – benar kelompok pasangan sesama jenis tersebut menuntut lewat pengadilan di distrik. 

Semangat dari kelompok pasangan sesama jenis tersebut ditolak pengadilan karena pemerintah tidak mengizinkan mereka menikah alias inkonstitusional.

Ai Nakajima, yang merupakan salah satu kelompok penggugat, seperti dilihat dalam pemberitaan bbc.com, mengatakan gugatan yang dilakukan kelompok sesama jenis ini merupakan salah satu langkah yang besar di Jepang. “Ini adalah satu langkah maju yang besar di Jepang. Kami semakin dekat untuk mewujudkan impian kami,” kata Ai Nakajima, seperti ditulis bbc.com, pada Rabu, (17/3/2021).

Baca juga:  3 Rintangan dalam Berdoa Menurut Paus Fransiskus

Konstitusi Jepang sudah dengan tegas mendefinisikan pernikahan sebagai salah satu kesepakatan bersama antara kedua jenis kelamin, setelah berakhirnya perang dunia yang kedua. 

Tetapi bagi pengacara penggugat, kalimat dalam kostitusi Jepang soal pernikahan adalah kesepakatan bersama antara kedua jenis kelamin, itu sebenarnya dimaksudkan untuk mencegah kawin paksa, dan tidak ada dalam konstitusi yang secara eksplisit melarang pernikahan gay.

Baca juga:  GPR Ebenhaezer SerangJadi Tempat Rakerda DPD API Banten

Seorang jurnalis dan pakar hak LGBTQ, Yuji Kitamaru mengatakan kepada keputusan tersebut dibuat dengan baik dan sangat strategis. Juga telah meletakkan landasan hukum pertama yang menentang teori anti-LGBTQ.

Keputusan pengadilan yang menolak pernikahan sesama jenis, berdasarkan konstitusi Jepang sebagai penggaran, tecatat dalam Pasal 14, membuat salah satu penggugat bernama Ryosuke Kunimi, tidak berhenti menangis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here