Paskah di Pemakaman Ditiadakan, GKE Himbau Umat Doa Subuh di Rumah

0
GKJW

Kalimantan Tengah – Bagi umat Kristen di Kalimantan Tengah ada sebuah tradisi ketika malam Paskah tiba. Para umat akan datang pada malam hari sebelum Paskah dan menginap di kuburan keluarga hingga keesokan harinya. 

Namun karena melihat situasi dan kondisi pandemi Covid-19, Gereja Kalimantan Evangelis (GKE) mengimbau umat untuk berdoa subuh dari rumah masing-masing. 

“Perkunjungan ke kuburan keluarga pagi hari Minggu subuh sebaiknya ditiadakan dan penyalaan lilin di tiap kubur keluarga akan dikoordinir melalui tim khusus yang ditunjuk (dan dibayar) oleh majelis jemaat serta keluarga,” bunyi Surat Edaran (SE) dari Majelis Sinode GKE yang diterima Vifamedia, Rabu (3/3/2021). 

Baca juga:  Belajar dari Peristiwa Bom Makassar, Menag Yaqud Cholil Tekankan Pentingnya Beragama Secara Moderat

Dalam SE dengan nomor 54 tahun 2021 tentang kegiatan Paskah di pekuburan Kristiani, pengurus Sinode GKE juga meminta umat tidak menginap di pekuburan. Majelis jemaat akan bekerjasama dengan pemerintah dan aparat setempat untuk melakukan pengawasan di tiap pekuburan sejak Sabtu malam hingga Minggu pagi. Hal ini dilakukan semata-mata untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. 

“GKE tetap berkomitmen memutus mata rantai penyebaran Covid-19 agar tidak semakin meluas dengan berbagai upaya, termasuk tidak melakukan kegiatan mengumpulkan banyak orang yang dapat menjadi media penularannya.” 

Baca juga:  Presiden Joko Widodo Pastikan Vaksin Covid-19 Gratis

Umat juga diminta untuk tidak bepergian ke luar kota pada masa raya Paskah 2021 karena akan rentan tertular atau menjadi media penularan Covid-19. 

Dibagian akhir SE yang ditandatangani oleh Ketua Umum GKE Pdt. Dr. Wardinan S Lidim dan Sekretaris Umum Pdt. John Asihua, ibadah Minggu dalam rangka Paskah bisa diadakan di gereja tapi dengan catatan bila diizinkan oleh Satgas Covid-19 setempat. Selain itu, bila diizinkan maka pelaksanaannya harus mengikuti ketentuan protokol kesehatan yang belaku dan (ibadah) disiarkan secara live streaming

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here