Paus Fransiskus Pimpin Misa 500 Tahun Masuknya Ajaran Kristen di Filipina

0
500 tahun ajaran kristen masuk Filipina
Para umat Katolik dari komunitas Filipina mengikuti misa yang dipimpin oleh Paus Fransiskus untuk memperingati 500 Tahun masuknya Kristen di Filipina, di Basilika Santo Petrus di Vatikan, Minggu, 14 Maret 2021. (Foto: Reuters)

Vatikan – Minggu (14/3/2021) bertempat di Basilika Santo Petrus, Vatikan, Paus Fransiskus memimpin Misa peringatan 500 tahun masuknya ajaran Kristen di Filipina.

Misa dimulai dengan prosesi dalam kostum tradisional Filipina dan dirayakan dengan kehadiran beberapa perwakilan gereja Filipina, termasuk Kardinal Luis Antonio Tagle.

Dalam khotbah, Paus mengatakan injil diterima secara sukacita oleh warga Filipina setengah abad lalu. Paus juga mengakui bahwa karya ajaran Kristiani itu nampak di rumah-rumah warga Italia, di mana banyak warga Filipina yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga, penjaga anak atau pengasuh.

BACA JUGA  Ali al-Sistani - Paus Fransiskus, Memperkokoh Hubungan Antar Umat Beragama di Irak

“Kegembiraan ini terbukti pada rakyat Anda (Filipina). Kita melihat di mata, wajah, lagu-lagu dan doa mereka, kegembiraan seiring kedatangan keyakinan baru di negeri lain.”

Sebagai informasi. Filipina merupakan negara berpenduduk Katolik terbesar ketiga di dunia. Awal sejarah penginjilan di sana dimulai ketika lebih dari 800 orang Filipina dibaptis pada tahun 1521 di Pulau Cebu. Kemudian tahun 1595, didirikan Provinsi Gereja Pertama.

BACA JUGA  Pimpinan Gereja Sumut : Tinjau Ulang Produk Hukum Tentang Penodaan Agama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here