Paus Fransiskus Tekankan Pentingnya Budaya Kepedulian

0
Paus Fransiskus
Paus Fransiskus menerima para duta besar di Vatikan. (Foto: Vatican media)

Vatikan – Beberapa duta besar dari negara seperti Singapura, Zimbabwe, Bangladesh, Aljazair, Sri Lanka, Barbados, Swedia, Finlandia dan Nepal bertemu dengan Paus Fransiskus di Vatikan, Jumat (21/5/2021). Para duta besar hadir untuk menyerahkan surat kepercayaan mereka.

“Saya senang menyambut Anda saat Anda menyerahkan surat-surat yang mengakreditasi Anda sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh negara Anda untuk Tahta Suci,” kata Paus kepada para duta besar.

Dalam perbincangan, Paus mengatakan pentingnya budaya kepedulian. Hal itu berpijak dari situasi pandemi Covid-19 yang telah membuat krisis ekonomi maupun sosial.

Baca juga:  Paus Fransiskus: Roh Kudus adalah Penghibur

“Secara pribadi, banyak yang kehilangan orang yang dicintai dan mata pencaharian mereka. Keluarga, khususnya, menghadapi kesulitan ekonomi yang parah dan seringkali kekurangan perlindungan sosial yang memadai,” katanya.

“Pandemi telah membuat kami lebih sadar akan ketergantungan sebagai anggota satu keluarga manusia dan kebutuhan kami untuk memperhatikan orang miskin dan rentan di tengah-tengah kami,” tambah Paus.

Paus mengajak umat bisa menunjukkan kepedulian dalam langkah yang konkret agar bisa sama-sama bangkit dan keluar dari masa krisisi dimasa pandemi.

Disisi lain, Paus mengatakan bahwa peran para duta besar sangat penting dalam pengembangan konsensus global menanggapi tantangan etika yang dihadapi umat. “Dukungan Takhta Suci melalui representasi diplomatik dan aktivitasnya dalam komunitas internasional, untuk upaya membangun dunia di mana pribadi manusia sebagai pusatnya, keuangan adalah untuk melayani perkembangan integral, dan bumi, rumah kita bersama, dilindungi dan dirawat,” paparnya.

Baca juga:  Tahun 2020 Tinggalkan PR, Masalah Daerah Tertinggal, Korupsi dan Radikalisme

“Melalui karya pendidikan, amal dan perawatan kesehatannya di seluruh dunia, gereja berupaya untuk memajukan perkembangan integral individu dan masyarakat, dan dengan cara ini berkontribusi pada tujuan perdamaian,” tambah Paus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here