Pdt. Tony Mulia dan Pdt. Welyar Kauntu Mengajak Umat Kristen Ikut Gerakan Doa 24/40

0

Pandemi Covid-19 di Indonesia, sulit ditebak kapan akan berakhir. Vaksin tidak kunjung ditemukan, namun kehidupan terus bergerak, ekonomi harus kembali ditata, yang patut direnungkan adalah Apa yang Tuhan mau kerjakan di Era New Normal ini?

Pertanyaan lain, bagaimana gereja memasuki era new normal? Salah satu koordinator Jaringan Doa Nasional (JDN), Pdt. Tony Mulia berkata kepada wartawan dalam press conference lewat zoom, Senin (29/06/2020), sudah saatnya umat Tuhan tidak lagi fokus kepada Covid-19.

Pdt. Toni Mulia (Foto: tabloidmitra.com).

“Ini waktu yang tepat untuk kita menghadirkan Takhta-Nya sebagai pusat perhatian melalui penyembahan, doa, dan syafaat kita 24 jam selama 40 hari, bersama-sama melepaskan penyembahan, pujian suara kita sehingga Takhta Tuhan itu hadir di Indonesia,”katanya dan menyitir firman Tuhan dalam Yesaya 66:1.

Bertolak dari situ, JDN bekerjasama dengan network JDN di berbagai daerah se Indonesia menggelar doa yang diberi nama gerakan doa 24/20, dengan tema “Tahta-Nya”. Gerakan ini mengajak semua warga Kristiani di Indonesia untuk terlibat dalam doa, pujian dan penyembahan yang dilakukan 24 jam penuh selama 40 hari nonstop.

Kata Pdt. Tony Mulia, lewat acara Takhta-Nya 24/40, terletak sebuah kerinduan supaya ada suara penyembahan mewakili kelompok, keluarga, denominasi, suku, generasi, bahasa yang dilepaskan bersama selama 40 hari. “Seluruh Komponen tubuh Kristus bersama-sama,”tuturnya dan mengutip firman Tuhan dalam Yesaya 42:10, Ester 4:14.

Baca juga:  Pentingnya Protokol SEMAI dari Wahid Institute untuk Cegah Intoleransi di Sekolah
Penjelasan JDN (diwakilkan Pdt. Toni Mulia) dengan wartawan mengenai persiapan acara.

Pelaksanaannya sendiri, akan dimulai 8 Juli 2020 sampai 17 Agustus 2020. “Penyembahan 24/40 adalah sebuah ukupan (incense) yang bau harumnya seperti wangi-wangian (perfume) yang akan semerbak di seluruh Nusantara, dari Papua sampai Aceh, dari Miangas sampai pulau Rote. Sebuah awal normal yang baru yang dikehendaki surga, menjadi penyembah-penyembah dalam roh dan kebenaran, sesuatu yang selalu menjadi kerinduan hati Bapa (Yohanes 4:24). Pesan yang hendak disuarakan melalui suara ini adalah umatNya kembali hidup dalam Keintiman/Intimacy (Mazmur 27:4), percaya pada Pertolongan Tuhan/Grace (Ibrani 4:16), Tuhan akan menyatakan isi hatiNya atau memberi Pewahyuan/Revelation (Keluaran 25:21-22), bahwa Tuhan lah yang memilliki Otoritas (Authority),” terangnya.

Melaksanakan gerakan 24/40 ini, tidaklah bebas tantangan, Ketua Pelaksana, Samue Oey mengungkapkan tantangan yang ada, diantaranya bagaimana memotivasi umat untuk benar-benar menyembah Tuhan, bukan sekedar ikut ramai dalam sebuah gerakan.

Baca juga:  1.618 Orang Berhasil Divaksin PGI dan Kementerian Kesehatan

Pdt. Welyar Kauntu yang memang hidupnya berkecimpung dalam pujian penyembahan yang hadir dalam press conference lewat zoom, Senin (29/06/20), mengungkapkan sangat bergairah ketika mendengar visi gerakan 24/40.

Pdt. Welyar Kauntu (Foto: Filadelfia Horison).

Bersamaan dengan itu terurai untuk merealisasikan gerakan 20/40 tidaklah mudah, sebab dibutuhkan pribadi-pribadi yang memiliki kesukaan untuk memuji dan menyembah Tuhan. “Menggelar acara doa secara live streaming mudah sekaligus sulit dalam hal membuat umat untuk tetap stay dan ikut menyembah Tuhan,”katanya dan menegasan dibutuhkan kedewasaan rohani. Penyembahan biasanya di gereja dimotivasi dengan musik, ruangan yang bergemuruh sehingga emosi seseorang menyembah terbawa dengan atmosfir yang ada. Padahal kita percaya penyembahan sesungguhnya terjadi ketika orang mengenal Tuhan secara pribadi. Sedangkan kalau live streaming, berbeda dengan live,”tuturnya.

Menurut Pdt. Welyar Kauntu acara 24/40 akan dibagi menjadi 12 segmen setiap hari dan setiap segmen 2 jam dimulai pukul 00.00 secara bergantian dari berbagai kota di Indonesia.

Bagi yang ingin terlibat dapat mencatat mengetahui dengan jelas melalui kanal Youtube MDK Nasional dan Facebook Jaringan Doa Nasional. Sehingga bisa tahu jadwal-jadwal yang ada. (Vifa5)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here