Peduli Terhadap Lingkungan, GMKI akan Kaji Perda RTH di Kota-kota Besar

0
GMKI
Logo GMKI

Jakarta – Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) berencana akan mengkaji perda di beberapa kota besar dalam terkait Ruang Terbuka Hijau (RTH). Hal ini dilakukan sebagai kepedulian GMKI terhadap lingkungan.

“GMKI sebagai organisasi kader memiliki 106 Cabang se-Indonesia, siap menyambut semangat menyelamatkan lingkungan hidup Indonesia,” kata Ketua Umum PP GMKI Jefri Irawan Gultom, dalam keterangannya yang diterima Vifamedia, Jumat (12/2/2021).

Jefri menjelaskan GMKI juga akan melaksanakan program penanaman pohon, melakukan hidroponik dan mendorong pemerintah pusat maupun daerah melakukan percepatan teknologi mengelola sampah menjadi listrik di beberapa kota besar.

Baca juga:  Da’i Ini “Khotbah” di GBI Amanat Agung

“Sampah juga menjadi ancaman bagi ekosistem air dan darat yang berujung mengancam kesehatan manusia. Menurut data LHK, timbunan sampah mencapai 67.8 Juta Ton,” jelasnya.

GMKI juga mengapresiasi kerja keras Menteri LHK dalam menurunkan gas emisi. Khususnya mengatasi kebakaran hutan di Indonesia.

“Menurut data BPS, terjadi penurunan signifikan Emisi Gas Rumah Kaca dari tahun 2015-2020 dari 2,37 Gigaton C02e menjadi 1,4 Gigaton Gigaton C02e. Menteri LHK menyampaikan bahwa semangat Indonesia menurunkan emisi karbon antara 0,834-1.081 gigaton CO2e yang berasal dari sektor kehutanan, pertanian, energi industri, transportasi dan limbah,” ungkapnya.

Baca juga:  42 Pendeta Sinode Ini Positif Covid-19

Jefri menjelaskan GMKI akan mendorong seluruh kader dalam membangun kesadaran dalam efektivitas penggunaan kendaraan bermotor seperti penggunaan sepeda, menggunakan transportasi umum dan mengurangi pemakaian kantong plastik. “Kebiasaan ini merupakan bentuk komitmen GMKI terhadap alam semesta dan lingkungan, kata Jefri Gultom.

Sebagai informasi. Sebelumnya Dies Natalis ke-71 dirayakan di gedung Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan ada penanaman pohon bersama dengan Gereja Kristen Sumba di Waingapu, Selasa (9/2/2021).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here