Perjalanan Pdt. Yusak Itong Surjana Terpapar Covid-19

0
Pdt. Yusak Itong Surjana

Jakarta – Saat ini virus Covid-19 belum terkendali, termasuk di Indonesia. Lihat saja, sejak awal tahun, peningkatan yang terpapar Covid-19 terus meningkat. 

Salah satu yang menjadi korban dan terpapar  Covid-19, Yusak Itong Surjana, M.Th, seorang pendeta dan juga Dosen Sekolah Tinggi (STT) Rahmat Emanuel Ministry (REM). Padahal dalam pengakuannya, sangat taat dengan protokol Kesehatan.

Hasil tes positif Covid-19, Pdt. Yusak Itong Surjana, langsung dirawat 11 hari

“Saya tidak tahu kalau sudah terpapar Covid-19. Karena saya sangat taat protokol Kesehatan, seperti himbauan pemerintah”.

“Di bulan September, saya terdeteksi sakit tipus. Akibatnya saya di rawat di salah satu rumah sakit di Kelapa Gading selama 5 hari”.

Selama berada di rumah sakit, Yusak Itong Surjana, kondisi tubuhnya, khususnya suhu tubuhnya tidak normal – normal, cenderung tinggi. 

Dengan kondisi tubuh yang baik – baik saja, Yusak Itong Surjana, mengaku tidak panik atau khawatir, apalagi gelisah Ketika mendengar dirinya positif Covid-19. Sebaliknya, ia langsung berdoa dan menyerahkan kepada Tuhan, serta percaya Tuhan pasti sembuhkan.  

Baca juga:  Cerita Pandemi di Negeri Orang

“Saya mendapatkan pelajaran kalau kita mendapatkan masalah atau musibah jangan pernah kita menggerutu atau kita mengeluh. Karena apapun yang terjadi, pasti Tuhan punya rencana dalam hidup kita,”tuturnya. 

Hampir setiap hari Yusak Itong Surjana, harus disuntik dengan obat yang dapat mencairkan darah—supaya tidak mengental akibat serangan Covid-19. Selain itu, harus di infus untuk memasukkan vitamin – vitamin yang dibutuhkan tubuh melawan Covid-19. Juga, harus mengkonsumsi obat – obat Covid-19. 

Usaha dan kerja keras dari para tenaga Kesehatan dan medis (dokter), di salah satu Rumah Sakit, di Rawa Mangun, Jakarta Timur, membuahkan hasil. Setelah 11 hari di Rumah Sakit, Yusak Itong Surjana, diijinkan Kembali ke rumah. Tapi belum langsung bebas bepergian, diminta untuk melakukan isolasi mandiri. Dan setelah itu dihimbau untuk terus melakukan protokol Kesehatan secara ketat, pakai masker, sering cuci tangan, kalau terpaksa bepergian harus menjaga jarak, jauhi kerumunan.

Baca juga:  1.618 Orang Berhasil Divaksin PGI dan Kementerian Kesehatan

Selama positif Covid-19, Yusak Itong Surjana, bersyukur karena banya orang mendoakannya, dan memberikan semangat, baik itu keluarga dan kerabat. 

Lewat pengalamannya itu, Yusak Itong Surjana, mengimbau untuk taat protokol Kesehatan, memakai masker, sering mencuci tangan, menjaga jarak, dan jauhi kerumunan. Juga terus mendekatkan diri kepada Tuhan, berdoa agar Tuhan melindungi dari paparan Covid-19. (Kontributor – KZ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here