Pesan Dewan Gereja Dunia dalam Pekan Imunisasi Dunia: Pentingnya Kesehatan

0
Para pimpinan Dewan Gereja Dunia/WCC (Foto: dok WCC)

Jakarta – Dewan Gereja Dunia atau The World Council of Churches (WCC) mengajak gereja di seluruh dunia untuk lebih peduli terhadap kesehatan. Demikian yang disampaikan Sekretaris Jenderal WCC Pdt. Prof. Dr.  Loan Sauc, pada Konferensi Pers WCC dalam rangka Pekan Imunisasi Dunia yang digelar di kantor pusatnya, Rabu (28/4/2021). 

Dilansir dari laman resmi WCC, turut hadir, Wakil Sekretaris Jenderal ( Wakil Sekjen) WCC, Prof. Apawo Phiri, Uskup Agung emeritus Dr Anders Wejryd (Presiden WCC untuk Eropa) dan Dr Mwai Makoka (Eksekutif Program WCC untuk Kesehatan dan Penyembuhan).  

Phiri mengatakan selama ini WCC konsen untuk mempromosikan tentang kesehatan dan penyembuhan kepada gereja-gereja. “WCC memfasilitasi pembentukan asosiasi kesehatan Kristen tingkat nasional di beberapa negara, terutama di Afrika untuk mempromosikan kerjasama ekumenis dalam penyampaian layanan kesehatan di antara gereja-gereja yang berbeda.” 

Baca juga:  Ubah Sampah Jadi Berkah Dengan Eco Enzyme

Di sisi lain, Makoka mengatakan dalam konsultasi WCC tahun 1964 diputuskan bahwa pelayanan kesembuhan adalah milik seluruh gereja dan program khusus, seperti rumah sakit dan klinik gereja, harus diintegrasikan ke dalam kehidupan serta kesaksian gereja-gereja. 

“Yang pertama adalah pendidikan kesehatan. Gereja, jemaat gereja lokal, bisa menjadi tempat atau pendidikan kesehatan. Yang lainnya adalah tindakan praktis. Yang ketiga adalah advokasi kepedulian terhadap ciptaan. Dan area lainnya adalah saksi publik, mengambil sikap publik tentang masalah-masalah utama, masing-masing di wilayah pengaruhnya.” 

Lanjut Makoka, saat ini WCC sudah memproduksi buku pegangan untuk gereja-gereja untuk membangun dan menjalankan pelayanan promosi kesehatan yang berkelanjutan. 

Baca juga:  Jokowi Divaksin Covid-19 Dosis Kedua, Ingatkan Semua Orang Tetap Taat Protokol Kesehatan

Dalam dukungannya terhadap Pekan Imunisasi Dunia, WCC telah menunjuk anggota yang memiliki pengaruh untuk bergabung dengan 300 Juara Vaksinasi. Hal tersebut dimobilisasi oleh mitra lama hak-hak anak UNICEF untuk imunisasi dunia.  

Tujuannya untuk memberikan pengaruh melalui blog media sosial dan saluran lain dalam rangka meningkatkan kesadaran tentang peran penting imunisasi melalui vaksinasi dalam menyelamatkan nyawa. 

Sementara itu, Sekretaris Jenderal WCC Pdt. Prof. Dr.  Loan Sauc meminta para pemimpin gereja untuk tidak lelah melakukan edukasi vaksinasi Covid-19. Tujuannya semakin banyak orang sadar tentang pentingnya vaksinasi. 

“Kita harus melakukan semua yang kita bisa untuk melindungi orang dari Covid-19 dan penyakit yang berpotensi fatal lainnya. Itu adalah tugas kita.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here