PGI Beryukur HUT ke 71 Tahun Meski Ada Pandemi Covid-19

0
Ketua Umum PGI, Pdt. Gomar Gultom, dalam HUT PGI ke 71 ( Foto : dok Humas PGI).

Jakarta – Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) tepat berusia 71 tahun pada 25 Mei 2021. Sejak berdiri 71 tahun lalu, kiprah PGI yang dulunya bernama Dewan Gereja-gereja Indonesia (DGI) terus berproses menjadi lembaga keumatan khususnya yang menaungi 91 sinode gereja-gereja yang ada di Indonesia. Demikian tulisan awal dari siaran pers yang diterima media ini dari Humas PGI, Philip Situmorang, Jakarta, (25 Mei 2021).

Dalam rangka menyambut hari ulang tahun itu, PGI menyelenggarkan syukuran bersama sejumlah pimpinan gereja di lantai 3, Grha Oikoumene, Jakarta. Ibadah syukur itu dilakukan dalam balutan kesederhanaan sekaligus mengikuti peraturan pemerintah untuk tidak berkerumun di masa pandemi Covid19.

Selain ucapan syukur atas perpanjangan usia, pada kesempatan itu juga gereja-gereja di Indonesia juga merayakan keberhasilan dari Sekretaris Umum PGI Pdt. Jaklevyn Fritz Manputty yang mendapat gelar Doktor Honoris Causa dari Hartford Seminary, pada tahun lalu.

Baca juga:  PGI Meminta Presiden Turun Tangan Menyelamatkan KPK

Ketua Umum PGI Pdt. Gomar Gultom usai ibadah mengatakan, bersyukur meski di tengah situasi sulit yang tengah terjadi karena berkat Tuhan tetap ada dan sangat luar biasa. “Di balik hujan ada pelangi, dan di balik berbagai kesulitah tetap ada kebaikan yang dirasakan oleh gereja-gereja di Indonesia. Sebab itu kita harus yakin suatu saat akan keluar dari kesulitan ini.”

Pdt. Gomar Gultom juga meminta seluruh gereja untuk bersegera melaksanakan tugas yang telah diberikan sesuai amanat Sidang Raya. “Berbagai hal yang terjadi di negara ini, seperti kemiskinan, perusakan hutan, bencana alam, konflik, bahkan pandemi, tidak bisa kita abaikan, karena itu juga sebagai tugas dan tanggungjawab gerejagereja di Indonesia untuk ikut berperan menyelesaikan berbagai persoalan itu,” ujarnya.

Baca juga:  Ketum PGI Lantik Pengurus PGIW Jawa Timur Periode 2021-2026

Sementara dalam ibadah syukur yang dipimpin oleh Pdt. Arliyanus Larosa, M.Th diingatkan untuk pentingnya mengucap syukur. Dengan mengucap syukur, memunculkan kesadaran yang lebih luas akan anugerah yang telah diberikan oleh Tuhan, termasuk dalam tugas dan pelayanan yang telah diberikan. “Mari kita terus memelihara dan belajar untuk selalu bersyukur atas segala situasi yang boleh kita alami, termasuk dalam masa sulit yang dialami di kantor PGI sekarang ini, gereja-gereja, juga jemaat harus mampu mengucap syukur,” katanya.

Puncak syukuran 71 tahun PGI akan ditandai dengan Perayaan Bernuasa Etnik yang mengusung tema “Bersama Menghadapi Bencana”yang dilaksanakan pada Selasa (25/5) melalui zoom dan youtube pukul 18.30 WIB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here