PGI Menggelar Ibadah Pelepasan dan Penghormatan Terakhir (Alm) Pdt. Dr Sularso Sopater di Graha Oikumene-PGI

0

Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) menggelar ibadah pelepasan dan penghormatan terakhir (Alm) Pdt. DR. Sularso Sopater, yang diselenggarakan di Grha Oikoumene, Kantor PGI, Minggu ( 28/06/20), pukul 12.00, live di Youtube Yakoma PGI.

Dari siaran langsung yotube, vifamedia melihat tampak hadir beberapa tokoh yang pernah duduk sebagai Ketua Umum PGI, diantaranya, Pdt. Henriette Lebang dan Ketua Umum PGI sekarang, Pdt. Gomar Gultom ditemani Sekretaris Umum, Pdt. Jacky Manuputty, beserta staf PGI. Juga tampak pengurus sinode Gereja Kristen Jawa (GKJ), diantaranya ada Ketua Umum, Pdt. Aris Widaryanto.

Tampak juga ada banyak ikut dalam ibadah ini sebagai bentuk penghargaan dan terima kasih kepada almarhum. Tetapi karena PGI menerapkan psysical distancing, sehingga ruangan yang disiapkan tidak dapat menampung semua yang hadir. Untuk itu yang tidak dapat mengikuti di dalam ruangan yang disediakan dapat mengikuti dari luar tetapi diminta tetap menjaga jarak.

Baca juga:  Willem Frans Ansanay : “Jokowi Tidak Ada Beban Politik Bila Melakukan Reshuffle Kabinet”
Prosesi Pelapasan Alm. Pdt. Dr. Sularso Sopater. Foto : Chanel You Tube Yakoma PGI.

Ibadah pelepasan dan penghormatan terakhir dari PGI, ini memang selayaknya dilakukan karena almarhum, Pdt. DR. Sularso Sopater, pernah memimpin PGI selama dua belas tahun, dalam jenjang dua periode (1987-1999). “Kita semua tahu, Pak Larso telah mewarnai perjalanan gereja-gereja di Indonesia, selama 12 tahun memimpin kantor ini (PGI). Kami PGI menyampaikan terima kasih,”kata Ketua Umum PGI, Pdt. Gomar Gultom, dii depan keluarga.

Bersamaan itu, Pdt. Gomar Gultom di damping Sekum PGI, menyerahkan bingkai yang di dalamnya ada foto almarhum Pdt. Dr Sularso Sopater, bertuliskan kata-kata yang sering diucapkan almarhum, “Kasih sejati melandasi gerakan oikumene,” demikian dibacakan oleh Pdt. Gomar Gultom, dan langsung diserahkan kepada keluarga, bersama dengan kembang yang ditelakkan di atas peti.

Pdt. Henriette Lebang, pada kesempatan itu juga menyerahkan untaian bunga kepada keluarga sebagai rasa simpati sekaligus terima kasih atas sumbangsih almarhum dalam arak-arakan oikumene.

Baca juga:  Gracia Hendrieta Putri, Anak Muda yang Dipakai Tuhan Untuk Melayani Anak Muda di Indonesia

Sedangkan Ketua Umum GKJ, Ketua Umum: Pdt. Aris Widaryanto, dalam sambutannya, berterima kasih kepada keluarga besar PGI. “Apa yang kami rasakan saat ini merupakan satu penghargaan dan penghormatan atas keluarga dan keluarga besar GKJ, selama Pak Larso memberi diri secara totalitas. Kamii merasakan sumbangsih Pak Larso, ada banyak nilai-nilai yang telah diwariskannya, ada keteladanan yang patut terus kita pelihara,”tuturnya dalam sambutannya.

Ketua Umum GKJ, Ketua Umum: Pdt. Aris Widaryanto memberikan sambutan dan terima kasih. Foto : Chanel You Tube Yakoma PGI.

Proses penghormatan berakhir dan pengurus PGI mengangkat peti jenazah dinaikkan ke mobil ambulans yang akan menghantar ke tempat peristirahatan yang terakir. Selamat jalan tokoh gereja yang kuat menahan “tuduhan” memberikan sumbangan emas kepada rezim Soeharto. Pada sebenarnya tuduhan itu tidak lah ada sedikit kebenaran. (Vifa5)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here