Positif Covid-19? Lakukan Hal Ini Saat Isolasi Mandiri

0

Pandemic Covid-19 sampai saat ini belum juga surut. Angkanya terus bertambah, kasus baru terkonfirmasi di Indonesia masih di atas 1000 kasus setiap harinya.

Beberapa langkah sudah dilakukan pemerintah Indonesia untuk menekan laju penambahan kasus baru covid-19 salah satunya dengan terus menerus mensosialisasikan gerakan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak. Selain upaya tersebut, baru-baru ini pemerintah mendatangkan vaksin buatan Sinovac sejumlah 1,2 juta dosis vaksin, tetapi masih ada beberapa tahapan yang harus dilakukan oleh BPOM sebelum vaksinasi dilakukan.

Baca juga:  Kondisi Terkini 36 Mahasiswa Seminari Bethel Jakarta Positif Corona, Juru Bicara: Semua Sehat

Mengingat kasus positif Covid-19 yang terus bertambah. Pasien yang terdiagnosa positif Covid-19 tanpa gejala atau gejala ringan, diwajibkan Isolasi Mandiri di rumah.

Dilansir dari akun Instagram resmi RS. Premier Bintaro (@rspremierbintaro), seperti diutarakan oleh dr. Astri Indah Prameswari, Sp.P (Dokter Spesialis Paru) diperlukan,

Pertama, sediakan Oxymeter yang berfungsi untuk mengukur saturasi oksigen dalam tubuh.

Kedua, gunakan Cairan Pembilas Hidung. Berfungsi membantu membersihkan dan melancarkan saluran pernapasan

Ketiga, gunakan Obat Kumur Antiseptik. Berguna membersihkan virus yang ada di rongga mukut dan tenggorokan.

Baca juga:  Pentingnya Keluarga Jadi Pesan dalam Perayaan HUT GKJ ke-90

Keempat, lakukan latihan pernapasan secara berkala. Dapat menggunakan alat bantu seperti sedotan dan gelas yang berisi air yang diberi cairan antiseptik

Kelima, kondisikan tidur dalam posisi tengkurap. Hal ini bertujuan agar pertukaran oksigen dalam paru jadi lebih lancar.

Keenam, konsumsi obat dan vitamin C, D3 dan Zinc sesuai anjuran dokter.

Selamat mencoba. Bila kondisi tak kunjung membaik, segera periksakan diri ke rumah sakit.(MCH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here