Presiden Jokowi Divaksin, Wakil Presiden Ma’ruf Amin Tidak

0
Ilustrasi : Proses Jokowi menerima vaksinasi

Jakarta – Pemerintah telah melangsungkan vaksinasi perdana, Rabu (13/01/2021) dimulai  dan dilakukan di Istana Merdeka dengan relawan pertama, Presiden Joko Widodo (Jokowi), disusul para pejabat lainnya. Di antaranya Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Ketua PB IDI dr Daeng M Faqih serta Ketua Kadin, Rosan Perkasa Roeslani.

Sebelum disuntik vaksin  Corona Sinovac, buatan perusahaan asal China, Sinovac, Jokowi menjalani beberapa tahap seperti dicek tensi darah, dan diajukan beberapa pertanyaan terkait COVID-19. Apakah Jokowi merasakan beberapa gejala Covid-19 seperti batuk dan demam. “Tidak ada batuk, batuk sedikit,”jawabnya. 

Sebelum divaksinasi Jokowi diperlihatkan bentuk vaksin

“Tadi saya bersama – sama dengan bapak ketua Kadin, Rosan Perkasa Roeslani.  Kita harapkan setelah vaksinasi ini mulai terjadi pemulihan ekonomi nasional kita, saya rasa itu,”kata Jokowi setelah menjadi relawan pertama untuk divaksinasi, seperti yang ada di kanal yuotube secretariat presiden. 

Baca juga:  PGI Minta Warga Gereja Mendukung Vaksinasi Program Pemerintah

Pada momentum itu, di depan Rosan Perkasa Roeslani, Presiden Jokowi meminta agar perusahaan – perusahaan (seluruh karyawannya, buruhnya) untuk tetap disiplin melakukan protokol Kesehatan.

Jokowi dilakukan cek tensi darah sebelum divaksinasi

Selain pejabat, ada juga perwakilan kaum milenia, Raffi Ahmad dan pedagang pasar, ibu Narti. “ Tadi bersama – sama dengan saya juga seorang bernama Ibu Narti yang sehari – harinya berdagang sayur di pasar yang ada di Jakarta Utara. Kita harapkan setelah vaksinasi ini, semuanya juga mau untuk ikut divaksin sehingga kita menuju kepada suasana normal Kembali,”harap Jokowi.

Pada kesempatan itu, Jokowi mengingatkan kepada yang telah divaksinasi untuk tidak lupa melakukan disiplin protokol Kesehatan. “Jangan lupa meskipun sudah divaksin kita tetap harus disipilin terhadap protokol Kesehatan,”tegasnya. 

Baca juga:  Doa untuk Bangsa, Seruan PGI dalam Menghayati Masa Paskah

Jokowi divaksinasi oleh Wakil Ketua Tim Dokter Kepresidenan, Prof. Abdul Muthalib, dengan vaksin Corona Sinovac. Tampak dalam tayangan di kanal youtube, tangan Prof. Abdul Muthalib, sempat gemetar

“Pertamanya saja gemeteran. Setelahnya tidak ada masalah,” kata Prof. Abdul Muthalib. 

Program vaksinasi terus berlanjut kepada tenaga kesehatan yang dianggap penerima prioritas. Meski begitu, bagi yang pernah terkofirmasi COVID-19, belum bisa mengikuti vaksinasi COVID-19 karena prioritas akan diutamakan pada yang belum pernah terpapar.

Program vaksinasi di Indonesia sudah berjalan tetapi Wakil Presiden Ma’ruf Amin tidak ikut disuntik vaksin, karena faktor usia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here