RMI Dukung PPKM Level 4 dan Salurkan Bantuan Sembako dari Polri kepada Masyarakat

0
Penyekatan dilakukan oleh petugas keamanan untuk mendukung pemberlakukan PPKM Level 4 demi menurunkan penyebaran Covid-19 (Foto : dok. jurnalpolri.com)

Jakarta – Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 telah diperpanjang oleh pemerintah dari tanggal 26 Juli hingga 2 Agustus 2021. Dikutip dari laman Setkab, peraturan dan ketentuan PPKM Level 4 dan 3 di Jawa Bali tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 24 Tahun 2021 yang ditandatangani Mendagri M Tito Karnavian pada 25 Juli.

Berikut daftar daerah PPKM Level 4 di Pulau Jawa dan Bali terbaru pada 26 Juli hingga 2 Agustus 2021:

1. Provinsi DKI Jakarta ( Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Kota Administrasi Jakarta Barat, Kota Administrasi Jakarta Timur, Kota Administrasi Jakarta Selatan, Kota Administrasi Jakarta Utara, dan Kota Administrasi Jakarta Pusat).

2. Provinsi Banten (Kabupaten/Kota yang masuk dalam PPKM Level 4 yaitu Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang, Kota Serang, Kabupaten Tangerang dan Kota Cilegon). 

3. Provinsi Jawa Barat (Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bekasi, Kota Sukabumi, Kota Depok, Kota Cirebon, Kota Cimahi, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kota Banjar, Kota Bandung, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung).

4. Provinsi Jawa Tengah (Kabupaten Jepara, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Rembang, Kabupaten Pati, Kabupaten Kudus, Kabupaten Klaten, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Banyumas, Kota Tegal, Kota Surakarta, Kota Semarang, Kota Salatiga, Kota Magelang, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Tegal, Kabupaten Sragen, Kabupaten Semarang, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Kendal, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Demak, Kabupaten Batang, Kabupaten Banjarnegara, Kota Pekalongan).

Baca juga:  Fotokuunik.com, Berawal dari Hobi yang Kini Jadi Penghasil Cuan

5. Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kota Yogyakarta, Kabupaten Kulonprogo, dan Kabupaten Gunungkidul).

6. Jawa Timur ( Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Madiun, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Gresik, Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kota Malang, 

Kota Madiun, Kota Kediri, Kota Blitar, Kota Batu, Kabupaten Tuban, Kabupaten Trenggalek,  Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Malang, Kabupaten Magetan, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Jombang, Kabupaten Jember, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Blitar, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bangkalan, Kota Probolinggo, Kota Pasuruan, Kabupaten Situbondo).

7. Provinsi Bali (Kabupaten Badung, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Klungkung, Kabupaten Tabanan, Kabupaten Buleleng, dan Kota Denpasar ).

Rumah Milenial Indonesia (RMI) menyampaikan dukungan atas perpanjangan PPKM Level 4 dan dilihat pentingnya pemberian bantuan sembako yang tepat sasaran kepada warga yang terdampak dengan situasi PPKM Level 4 ini.

Sebagai bentuk rasa sepenanggungan dan ikut meringankan beban masyarakat, RMI telah bekerja sama dengan Kepolisian Republik Indonesia menyalurkan bantuan sembako kepada masyarakat di beberapa wilayah di Jakarta.

Direktur Rumah Milenial Indonesia Wilayah DKI Jakarta, Carlos Wawo, yang turut serta dalam  membagikan sembako ini menyampaikan, bantuan sembako ini sangat dibutuhkan masyarakat di masa Pandemi COVID-19.

Baca juga:  Isi Detail PSBB DKI Jakarta 11-25 Januari 2021

“Masyarakat mengalami kesulitan ekonomi terutama di masa Pandemi COVID-19. Adanya bantuan sembako ini adalah upaya untuk meringankan beban masyarakat dan harus dilakukan oleh pemerintah dengan tepat sasaran,” kata Wawo pada hari Selasa, 27 Juli 2021.

Carlos juga menyampaikan bahwa adanya bantuan sembako dari Kepolisian Republik Indonesia menunjukkan wajah humanis Kepolisian dan kedekatan Kepolisian dengan masyarakat. 

“Masyarakat menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan sembako Kepolisian Republik Indonesia. Kami dari RMI Wilayah DKI Jakarta menyampaikan kepada masyarakat untuk tetap disiplin protokol kesehatan dan menahan diri untuk keluar rumah,” jelasnya.

RMI melalui Direktur Eksekutif Defli Yuandika Ruso menambahkan dukungan terhadap kebijakan PPKM demi menanggulangi pandemi COVID-19 yang sedang meningkat beberapa waktu belakangan ini.

“Perpanjangan PPKM harus kita dukung bersama demi menurunkan laju penyebaran Covid-19 ,” kata Defli. 

Defli mengharapkan program pemerintah, pemberian bantuan sembako, obat-obatan gratis dapat dilakukan secara tepat sasaran. Begitu juga program vaksinasi dapat dilakukan secara masif dan melibatkan berbagai pihak.

“Salah satu kunci menahan aktivitas masyarakat adalah dengan memberikan bansos dan obat-obatan gratis kepada warga yang membutuhkan. Pemerintah melalui Kementerian dan Dinas Sosial harus memiliki data penerima bansos yang lengkap dan sesuai kondisi masyarakat di lapangan. Selain itu program vaksinasi harus terus digencarkan untuk mencapai herd immunity di tengah masyarakat kita,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here