Sentra Vaksinasi Serviam akan Layani Vaksinasi untuk Lansia mulai 20 Maret Hingga 10 Juni 2021

0
Sentra Vaksinasi Serviam
Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono ketika berkunjung ke Sentra Vaksinasi Serviam, didampingi oleh Suster Moekti Gondosasmito, OSU dari Yayasan Satya Bhakti, Sabtu (20/3/2021). (Foto: dok Sentra Vaksinasi Serviam)

Jakarta – Pemerintah terus menggenjot program vaksinasi untuk memutus rantai Covid-19 lewat kerjasama dengan berbagai pihak. Salah satunya dengan keluarga besar alumni tiga sekolah yang dikelola Suster Ursulin Jakarta yakni Santa Ursula, Santa Theresia dan Santa Maria Jakarta yang mendirikan sentra vaksinasi COVID-19 bernama Sentra Vaksinasi Serviam (SVS).

Program ini mendapat dukungan penuh dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan Puskesmas Sawah Besar.

SVS menjadi bentuk dukungan dari komunitas pendidikan Ursulin, yang juga melibatkan pihak yayasan, guru, dan karyawan dari tiga sekolah, untuk membantu percepatan program vaksinasi Covid-19 dari pemerintah yang saat ini sudah memasuki tahap kedua.

Ketua Yayasan Satya Bakti yang menaungi Sekolah Santa Ursula Jakarta, Suster Edith Watu menjelaskan kegiatan ini adalah wujud nyata semagat Serviam (Aku mengabdi) yang menjadi motto komunitas pendidikan Ursulin.

Baca juga:  MUKI DPW DKI Jakarta Eduard Carles Sianturi: Mendukung Kebijakan PPKM

“Ini adalah perwujudan pengabdian kita kepada sesama. Jika kita memiliki lokasi dan fasilitas strategis yang bisa mendukung program pemerintah untuk kesehatan masyarakat, mengapa tidak kita lakukan?,” katanya.

Kementerian Kesehatan menargetkan SVS dapat memberikan 30.000 dosis vaksin kepada masyarakat selama tiga bulan beroperasi.

“Di samping itu, ketiga sekolah Ursulin ini memiliki alumni yang jumlahnya ribuan; termasuk kelompok lanjut usia penerima vaksin. Ini, tentunya, bisa meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses pemberian vaksin Covid-19 sehingga pencapaian target Kementerian Kesehatan dalam menyalurkan 181 juta suntikan vaksin Covid-19 dalam setahun segera terwujud,” harapan Menkes Budin Gunadi.

Nantinya para tenaga kesehatan dan non-tenaga kesehatan yang membantu dalam vaksinasi sebagian besar merupakan lulusan dari tiga sekolah yang berlokasi di Jakarta Pusat ini.

“Relawan tenaga kesehatan dalam vaksinasi di sini sebagian besar adalah alumni yang merupakan dokter, suster, dan perawat serta ditambah tenaga kesehatan dari RS Saint Carolus,” ungkap Tim Humas SVS Fika Rosemary.

Baca juga:  Dukungan GAMKI Terhadap Vaksinasi Covid-19

SVS merupakan vaksinasi yang khusus melayani orang lanjut usia (lansia) serta lansia disabilitas 60 tahun ke atas. Kegiatan ini berlangsung selama 3 bulan kedepan atau sejak tanggal 20 Maret hingga 10 Juni 2021 di Gedung Santa Ursula Jalan Lapangan Banteng Utara No 10 Jakarta Pusat.

Namun yang perlu menjadi catatan adalah lansia maupun lansia disabilitas yang bisa mengikuti kegiatan ini adalah yang memiliki KTP DKI Jakarta.

Bagi para lansia yang ingin divaksin terlebih dulu bisa mendaftar di website vaksinasiserviam.com dan pilih “pendaftaran” yang akan langsung terhubung dengan webiste loket.com. Nantinya calon peserta vaksin tinggal memilih hari dan jam yang diinginkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here