Sidang Umum ke-74 Italian Episcopal Conference’s, Proses Sinode Harus dari Bawah ke Atas

0
Sidang Umum ke-74 Konferensi Episkopal Italia. (Foto: Vatican Media)

Jakarta – Paus Fransiskus meresmikan Sidang Umum ke-74 Italian Episcopal Conference’s (CEI) atau Konferensi Episkopal Italia yang berlangsung sejak Selasa-Kamis, (24-27/5/2021) di Roma. Dalam konferensi ini akan dipilih dua wakil presiden yaitu untuk wilayah Utara dan Tengah, serta anggota Dewan Urusan Ekonomi dan Presiden Komisi Episkopal.

Adapun tema yang diangkat dalam konferensi yang diikuti kurang lebih 200 Uskup ini “Mewartakan Injil di saat kelahiran kembali-memulai perjalanan sinode.”

Baca juga:  Paus Fransiskus Pimpin Misa 500 Tahun Masuknya Ajaran Kristen di Filipina

Paus mengatakan bahwa proses sinode harus dimulai dari komunitas yang kecil dan paroki. Menurutnya, hal tersebut merupakan sebuah proses yang membutuhkan kesabaran dan kerja. Ia

“Itu perlu dimulai dengan mendengarkan komunitas dan semua komponennya. Dinamika ini akan memungkinkan kita untuk menemukan kembali arti sebenarnya dari gereja sebagai sebuah keluarga besar.”

Sementara, Kardinal Gualtiero Bassetti (Presiden CEI) meminta Paus untuk terus mendoakan serta senantiasa mendukungnya dalam sinode.

Baca juga:  Peringati Bulan Maria, Paus Fransiskus Ajak Umat Katolik Doakan Perdamaian Myanmar

Bassetti turut mengutip karya Alessandro Manzoni “The Tunrothed” di mana pastor, Don Abbondio mengatakan kepada Kardinal Federigo Borromeo bahwa seseorang tidak dapat memberikan keberanian jika seseorang tidak memiliki keberanian.

“Itu mungkin datang kepadanya jika dia digerakkan oleh keinginan yang lebih besar daripada miliknya, ketakutan sendiri. Yang penting adalah memiliki impian dan keinginan yang lebih besar daripada ketakutan.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here