Stevano Margianto dan HUT PERWAMKI

0
Ilustrasi : Ketua Umum PERWAMKI Stevano Margianto (Kiri) saat memberikan penghargaan Tokoh Kepada Pdt. DR. Mulyadi Soelaiman

Sosok Ketua Umum Perkumpulan Wartawan Media Kristiani Indonesia (PERWAMKI), periode 2019 – 2023 Stevano Margianto, mungkin banyak yang sudah kenal. Tetapi bagi yang belum, vifamedia sedikit memberikan informasi.

Stevano Margianto memulai kariernya dalam dunia wartawan, lewat tabloid Victorious milik dari Pdt. Abraham C. Supit, yang waktu itu Pemimipin Redaksinya, Drs. Sonny Wuisan, S.H.

Sebelum memulai kariernya di jurnalistik, awal mulanya Stevano Margianto, sedang menempuh pendidikan di Akademi Bahasa Asing, Menteng, Jakarta Pusat. Saat itu, Drs. Sonny Wuisan, S.H, memberikan kesempatan Stevano Margianto yang akrab di sapa Anto, untuk menulis di Tabloid Kristiani Keluarga Berkemenangan, Victorious, yang berkantor saat itu di Tubagus Angke, Jembatan Dua.

Selama berada di dunia wartawan, Anto memperlihatkan kemampuannya dalam menulis. Itu sebabnya, N.B. Suratinoyo, sebagai Redaktur Pelaksana mempercayakannya untuk mengedit berita dari wartawan-wartawan untuk diterbitkan.

Bertahun-tahun, Anto menekuni kerja wartawan di Tabloid Keluarga Berkemenangan, Victorious yang akrab disapa Tabloid Victorious. Kemudian, datanglah waktu dimana para wartawan Kristiani berkumpul di Tabloid Victorious, membicarakan untuk mendirikan sebuah lembaga/perkumpulan wartawan. Saat itu kantor Tabloid Victorious sudah di Kelapa Gading.

Saat para wartawan lintas media Kristiani itu berkumpul, Anto salah satu yang hadir dan ikut mendirikan Lembaga yang tadinya Persekutuan Wartawan Media Kristiani Indonesia (PERWAMKI), yang sekarang kata persekutuan menjadi Perkumpulan.

Awalnya PERWAMKI dipercayakan para wartawan yang hadir saat itu dipimpin N.B. Suratinoyo, sampai dilakukannya Musyawarah Besar pertama, untuk memilih pimpinan yang sudah berbadan hukum.

Mubes pertama, dari salah satu lembaga wartawan Kristiani yang mendapatkan dukungan “semua” wartawan dari media – media Kristiani pada saat itu, dihadiri banyak tokoh Kristiani, dan yang terpilih sebagai Ketua Umum, Emmanuel Dapaloka dari Majalah Bahana, sedangkan Sekretaris Umum, Stevano Margianto (Anto), dari Tabloid Victorious. Lewat tangan ulet pasangan ini PERWAMKI makin dikenal.

Emmanuel Dapaloka, Ketua Panitia HUT PERWAMKI.

Setelah sekian kali berganti kepemimpinan, PERWAMKI, Anto Kembali memimpin dengan proses demokrasi, yang disebut Musyawarah Nasional (Munas), pada Jumat-Minggu (22-24/3/2019) di Villa Pondok Victorious Family.

Baca juga:  Masih Dalam Tahap Uji Coba, Taman Safari Indonesia Dibuka 15 Juni 2020

Kalau dahulu Anto sebagai Sekretris Umum, mendampingi Emanuel Dapaloka, sekarang Anto dipercayakan sebagai Ketua Umum. Menjabat Ketua Umum (Ketum) Anto, tancap gas. Hanya berselang beberapa bulan, tepatnya Juli 2019, tanggal 22 – 24, Anto menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I, di Bandung dan Ciwidey. Adapun tema yang diangkat “Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang (Matius 5:16)” dan sub tema “Melalui Rakernas 2019, PERWAMKI siap melakukan konsolidasi dan penatalayanan.”

Pembukaan Rakernas, Senin (22/7/2019) dilaksanakan di Aula lantai 5 Intitut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB) dan rapat-rapatnya diselenggarakan di Jayakarta Hotel. Turut hadir dalam pembukaan para pimpinan Aras Gereja serta pimpinan umat Kristen di wilayah Jawa Barat dan Kota Bandung. Termasuk Ketua Yayasan Petra Harapan Bangsa, Pdt. Dr. Bersih Tarigan, M.Th yang hadir sebagai pembawa firman Tuhan.

Sedangkan, Sekretaris Umum PGIW Jawa Barat Pdt. Paulus Wijono yang melakukan pembukaan dan pelantikan beberapa DPD PERWAMKI.

Bila melihat sejarah panjang Anto, tidak lepas dengan namanya Victorious. Pertama kali menjadi wartawan, terpilih menjadi Sekretaris Umum PERWAMKI, termasuk terpilih sebagai Ketua Umum PERWAMKI di Vila Victorious, yang saat itu sedang memimpin victoriousnews.com.

Baca juga:  Sekjen Kemenag, Buka Sidang Sinode Ke-38 GPM

PERWAMKI Berikan Penghargaan Kepada Ketua Umum GBI
Pada bulan November, PERWAMKI genap berusia 17 tahun berkipra dalam perahu oikumene dan bangsa Indonesia. Dalam rangka HUT itu, PERWAMKI yang dipimpin Anto menggelar berbagai kegiatan termasuk pelatihan jurnalis dengan menggunakan aplikasi zoom dan membuat buku serta memberikan penghargaan kepada tokoh dalam bidangnya masing-masing.

Celestino Reda, slah satu editor buku yang diterbitkan PERWAMKI di HUT ke 17.

Puncak HUT PERWAMKI diselenggarakan pada 10/11 di Hotel Aston Bellevue, Jakarta Selatan, dengan tema “Malam Cinta Bagi Negeri” dan sub tema “Berkarya dan Memberi yang Terbaik”.

Pemberian Penghargaan kepada para tokoh.

Ketua Panitia, Emanuel Dapa Loka mengatakan yang menerima penghargaan jelas orang-orang hebat. “Inilah yang dalam istilah Jakob Oetama, Tokoh Pers Indonesia sepanjang masa, disebut sebagai ‘Kemanusiaan Transedental’ yang konkret dirasakan oleh sesama,” kata Ketua Umum PERWAMKI periode pertama.

Ketujuh belas tokoh tersebut adalah Sandec Sahetapy (Tokoh Penggerak Budaya), drg. Aloysius Giyai, M.Kes (Tokoh Inovatif Kesehatan), Tetty Paruntu (Tokoh Perempuan), Jerry Pattinasarany (Tokoh Inspiratif Muda), James Koleangan (Tokoh Pengusaha Muda), Christie Damayanti (Tokoh Disabilitas Inspiratif), Dr. Rahmat Effendi (Tokoh Toleransi), Gus Ruchul Maani (Tokoh Ormas Non Kristen), Alm. DR (HC) Drs. Jakob Oetama (Tokoh Pers Inspiratif), Sugeng Teguh Santoso, SH (Tokoh Pengawal Hukum), Dr. Stefanus Roy Rening, SH (Tokoh Pemikir Hukum), RG Setio Lelono (Tokoh Advokasi Gereja), Handoyo Budhisejati (Tokoh Organisasi Katolik), Djasermen Purba (Tokoh Ormas Kristen), Mayjend. dr. Albertus Budi Sulistyo (Tokoh Kesehatan), J. Irwan Hidayat (Tokoh Jamu Herbal Inspiratif), Pdt. Rubin Adi Abraham (Tokoh Sinode). (Vifa5)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here