STT Injili Jakarta Gelar Wisuda “Angkatan Corona”

0

Menutup bulan November 2020, STT Injili Jakarta menggelar wisuda di tengah pandemi covid-19 yang masih melanda Indonesia. Total ada 32 wisudawan yang digelar di aula kampus STT IJA Kampung Makasar, Jakarta Timur. Adapun pelaksanaan wisuda tetap mengacu pada penerapan protokol Kesehatan Covid-19.

Wisuda kali ini menjadi berbeda, yang biasanya wisuda dihadiri oleh orang terkasi seperti orang tua, sanak saudara, kekasih, dsb. Tetapi karena adanya pandemi Covid-19, maka pihak kampus mengambil keputusan untuk mendukung program pemerintah, salah satunya dengan pembatasan orang untuk menghindari kerumunan. Sehingga pada wisuda kali ini, orang terkasih tidak dapat merasakan kebahagiaan secara langsung bersama para wisudawan yang ada.

Kampus yang dipimpin oleh Willem Frans Ansanay, tidak kekurangan akal, yakni dengan memanfaatkan teknologi, aplikasi Zoom Meeting yang dapat diakses oleh orang tua para wisudawan untuk melihat seluruh kegiatan acara.

Ada hal unik dalam wisuda kali ini, dimana sang Ketua STT IJA, Willem Frans Ansanay menyebut angkatan kali ini adalah Angkatan Corona, karena saat sedang berada dalam pandemi virus Corona.

Willem Frans Ansanay juga menambahkan mengenai status STT Injili Jakarta, “STT Injili Jakarta mendapatkan perpanjangan izin penyelanggaran pendidikan dengan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia No 321 Tahun 2020, dan memiliki stastu akreditasi BAIK untuk program studi Pendidikan Agama Kristen”, tambah pria asal Papua ini yang disambut tepuk tangan para hadirin. Di akhir kata sambutannya, Willem Frans Ansanay berpesan kepada para Angkatan Corona ini untuk tetap menjaga nama baik diri, keluarga, dan tentunya civitas akademi (STT Injili Jakarta).

BACA JUGA  WBI Gelar Diskusi Virtual Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi

Orasi Ilmiah pada wisuda STT IJA kali ini di orasikan oleh Pdt. Iwan Tangka, kepada para wisudawan, pria berdarah Manado ini mengatakan harus memiliki sifat seperti kanebo. “Kanebo artinya satu bentuk yang kelihatan kecil, tetapi dia bisa menyerap segala ilmu”, pungkasnya.

Orasi ilmiah diberi tema “Hamba Tuhan Yang Taat, Mencerminkan Kemuliaan-Nya”, bertolak dari Firman Tuhan dalam I Petrus 2: 11-12.

Pada kesempatan itu, Pdt. Iwan Tangka mengingatkan mengenai Tridharma Pendidikan kepada para wisudawan, yakni salah satunya yang berbunyi “masyarakatkanlah ilmu pengetahuanmu dan bermanfaatkan itu kepada masyarakat”.

Acara wisuda tak lengkap tanpa acara penyematan toga. Penyematan toga para wisudawan/wati dilakukan langsung oleh Ketua STT IJA beserta para dosen yang mendampingi. Diiringi lagu Bagimu Negeri, para wisudawan maju ke depan untuk bisa merasakan moment hasil perjuangan kuliah yakni dengan penyematan toga dan penyerahan ijazah.

BACA JUGA  Gembala GBI Victorious Family, Mengajak Syukuri Tahun 2020 Bersama Victorious Family Worship

Dalam wisuda STT IJA kali ini, ada 2 orang yang mendapat gelar cumlaude atas prestasinya dan juga nilai yang didapatkan selama masa kuliah. Diberikan penghargaan dengan disematkan sebuah selendang yang bertuliskan “cumlaude”.

Tidak hanya rasa bahagia yang didapatkan oleh para wisudawan/wati, tetapi ada rasa sedih juga, karena orang terkasih tidak dapat melihat wisuda secara langsung. Hal ini diutarakan oleh, Ito Azarya, Wisudawan dari Prodi S1 Pendidikan Agama Kristen yang ditemui selepas acara “senangnya pasti ada, dan sedihnya karena tidak bisa bersama dengan keluarga, orang tua saat wisuda”.

Pada akhir acara, para wisudawan/wati terlihat foto bersama untuk mengabadikan moment dengan para teman sejawat, dan juga para dosen yang ada. Tampak sukacita terlihat dari wajah para wisudawan dan juga para dosen yang turut hadir dalam acara yang berlangsung kurang lebih 2 jam ini. (Vifa9)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here