Sudah Merasa Toleran? Cek Indikator Berikut ini Para Milenial

0
Tangkapan layar para pembicara

Jakarta – Dalam webinar “Gue Sudah Toleran Belum, Sih?”, Senin (7/6/2021), Staf Khusus Presiden RI Ayu Kartika Dewi mengajak para milenial untuk melihat ke dalam dirinya masing-masing, apakah sudah memiliki sikap toleran atau belum.

Ayu mengatakan ada beberapa hal dasar yang harus dimiliki kaum milenial agar bisa disebut sudah memiliki sikap toleran. Pertama, memiliki pikiran kritis agar tidak mudah termakan informasi yang belum jelas.

Kedua, harus memiliki rasa empati. Ayu menjelaskan empati seseorang akan terlihat ketika berinteraksi dengan orang lain.

Lebih jauh, Ayu berkata, kedua sikap tersebut harus dilakukan secara intens dan menjadi gaya hidup. Tujuannya agar bisa menginspirasi orang lain sehingga akan semakin banyak aksi toleran yang terjadi di Indonesia.

Baca juga:  Ikuti dan Hadiri Natal Victorious Women Rabu 9 Desember, Pukul 16.00 Wib

Ayu sadar jika berbicara tentang keberagaman dan toleransi aspeknya sangat luas. Untuk mempermudah, ia analogikan hal tersebut seperti memakan bubur ayam yaitu diaduk atau tidak diaduk.

“Bagi saya, definisi toleransi yang paling sederhana di kepala saya itu, ya filosofi bubur diaduk. Kalau lo makannya mau diaduk, ya, silahkan, terserah. Selama lo enggak memaksa gue untuk makan buburnya harus diaduk,” katannya.

Lanjutnya, arti dari analogi tersebut adalah setiap orang memiliki kesukaannya masing-masing. Namun, meskipun berbeda setiap orang tetap bisa berteman hingga mengobrol seperti biasa.

Baca juga:  Donald Trump dan Joe Biden Terjebak Dalam Politik Agama. Politik Agama Akankah Laku di Amerika?

Ayu menuturkan ada empat level toleransi yaitu perbedaan, menyenangi perbedaan, merayakan perbedaan dan melindungi perbedaan. “Seiring dengan waktu dan kedinamisan dalam bermasyarakat, kita bisa secara sadar mendorong diri sendiri untuk terus naik kelas dalam bertoleransi,” ungkap Ayu.

Selain Ayu, webinar kerjasama IDNTimes, Unilever Indonesia, toleransi.id ini juga menghadirkan pembicara lainnya seperti Nana Anindita (Film director), Henie Raharja (Chairman of Equality, Diversity and Inclusion Board Unilever Indonesia) dan William Utomo (Founder & COO IDN Media).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here