Surat Apostolik Paus Fransiskus, Dorong Partisipasi Kaum Awam dalam Menyebarkan Iman Katolik

0
Paus Fransiskus
Paus Fransiskus. (Foto: istimewa)

Jakarta – Selasa (11/5/2021) Paus Fransiskus mengeluarkan surat apostolik yang secara resmi melembagakan pelayanan katekis awam yang baru. Surat tersebut ditulis dalam delapan bahasa, termasuk bahasa isyarat Italia.

Menurut Paus, lembaga pelayanan awam yang baru akan lebih menekankan komitmen misionaris yang tepat untuk setiap orang yang dibaptis. Melalui surat tersebut, Paus mengenang para katekis dalam sejarah gereja yang dimulai dengan surat pertama dalam perjanjian baru kepada jemaat Korintus.

Paus mengatakan katekis akan memainkan peran penting dalam ekspansi misonaris gereja pada abad berikutnya. Seperti pada Konsili Vatikan Kedua yang diadakan tahun 1962 sampai 1965 yang mengarah pada “apresiasi baru akan pentingnya keterlibatan umat dalam pekerjaan evangelisasi.

Baca juga:  Paus Fransiskus: Roh Kudus adalah Penghibur

Paus yang telah menekankan peran kaum awam sejak pemilihannya pada 2013 menjelaskan, para katekis yang dimaksud harus mampu menjadi saksi iman, guru, mistikus, rekan dan pendidik. Sebelumnya para katekis harus menerima pembinaan alkitabiah, teologis, pastoral dan pendagogis yang sesuai untuk menjadi komunikator yang kompeten dari kebenaran iman. Selain itu, katekis harus sudah memiliki pengalaman katekese sebelumnya.

“Para katekis dipanggil pertama-tama untuk menjadi ahli dalam pelayanan pastoral untuk mentransmisikan iman saat itu berkembang melalui tahapan yang berbeda dari proklamasi awal kerygma (Injil proklamasi) untuk instruksi yang menghadirkan kehidupan baru kita di dalam Kristus dan mempersiapkan sakramen inisiasi Kristen, dan kemudian ke formasi berkelanjutan yang memungkinkan setiap orang untuk memberikan pengharapan dalam diri mereka.”

Baca juga:  Suhardi Alius Ingatkan Kaum Muda untuk Saring Sebelum Sharing

Di sisi lain, umat Katolik India menyambut baik berita bahwa Paus Francis telah menciptakan pelayanan awam untuk mendorong partisipasi yang lebih besar dari pria dan wanita dalam menyebarkan iman Katolik.

Hal tersebut diungkapkan anggota komisi awam Konferensi Waligereja India, Uskup Gerald John Mathias. Menurutnya Surat Apostolik telah memberikan otoritas penuh kepada para awam untuk pergi menginjil tanpa halangan.

“Kami dengan sepenuh hati berterima kasih kepada Bapa Suci dan menyambut isyarat dari dia karena mengakui prajurit kami yang sebenarnya adalah personel yang membantu dalam evangelisasi dan menyebarkan Kabar Baik Gereja,” kata Uskup Gerald.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here