Tanggapan Ketua DPP ARDIN Terhadap Menteri Baru Jokowi

0

Jakarta – Sejumlah pengamat hingga politisi memberikan tanggapan atas reshuffle cabinet Indonesia Maju yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo, pada Selasa (22/12/20) silam. Termasuk Ketua Umum DPP Asosiasi Pengadaan Barang dan Jasa Di Indonesia (ARDIN) DR. John N. Palinggi.

Menurut John, Menteri adalah pegawai tinggi negara, sekaligus pembantu Presiden. Sebagai pembantu presiden berarti setiap kebijakan, arahan, dan keputusan Presiden wajib dijalankan.

“Garis besar pembantu presiden adalah tunduk taat dan loyal setiap pada garis-garis besar yang ditentukan presiden,” katanya.

Menanggapi Menteri Agama yang baru, John mengatakan Yaqut Cholil Qoumas, sosok yang tepat, karena seorang yang muda, energik, dan memiliki pemikiran nasionalis.

“Saya kira cocok untuk itu karena dia pikirannya nasionalis, dia berdiri di atas semua golongan,” katanya

Baca juga:  Program Kampung Tangguh di Kota Bekasi lawan efek Pandemi Covid 19

John menambahkan Indonesia perlu pemimpin yang nasionalis dan berdiri di atas semua golongan agar disintegrasi bangsa tidak terjadi.

“Bangsa ini akan hancur berkeping-keping dan bukan tidak mungkin kalau kita sudah mulai masuk SARA suku, Agama, etnis, dan golongan kita sudah mulai saling memisahkan, bukan tidak mungkin suatu saat akan berkeping-keping dalam artian disintegrasi wilayah,” serunya.

Sementara itu mengenai Budi Gunadi Sadikin, menurut John penempatan Budi Gunadi sebagai Menteri Kesehatan sangatlah memadai yakni mengawasi masalah pembelanjaan mengenai penanggulangan pandemi Covid-19.

“Menteri Kesehatan, jadi beliau kalau menganalisis pembiayaan dan masalah-masalah Ekonomi keuangan saya kira mampu, di penempatannya saya melihat bahwa dia harus mengawasi pembelanjaan masalah pembelanjaan mengenai penanggulangan pandemi Covid-19 karena tidak ada orang yang mengawasi pembelanjaan ini,” ungkapnya.

Baca juga:  Pdt. Natan Setiabudi Menghimbau Umat Kristiani Tidak Melakukan Ibadah Dalam Gedung Gereja Saat Ini, Demi Hindari Terjadinya Kluster Baru Tempat Ibadah

John menyampaikan tanggapannya menganai Menteri Sosial yang dijabat oleh Tri Rismaharini. Menurutnya, mantan walikota Surabaya ini adalah seseorang yang mau bekerja dan mau turun ke lapangan.

“Dia mau kerja, Dia mau turun. Hanya mungkin satu, Dia pasti mampu untuk menjalankan itu, upayakan jangan sampai bersentuhan dengan program-program provinsi ataupun daerah,” katanya

Lanjut John, bahwa para menteri yang baru harus mengadaptasikan diri dari kehidupan yang bahwa dia ada yang berada di bawah presiden harus loyal penuh terhadap konsep itu dan harus mengkomunikasikan programnya itu kepada semua Gubernur walikota dan bupati sebagai ujung tombak bangsa ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here